Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah, Bisa Gara-gara Kebiasaan Ini

momotor.id - Pemilik motor matic mungkin mengetahui bahwa kampas ganda pada kendaraannya merupakan dua unit kopling yakni kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder (terletak pada sebelah transmisi). Komponen pada motor matic ini berfungsi untuk menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

Kampas ganda pada motor matic bisa habis sebelah karena berbagai penyebab. Seperti dilansir laman resmi Suzuki, berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kampas ganda habis sebelah.

Kerap membawa beban berat

Penyebab pertama yang bisa membuat kampas motor matic ganda habis adalah membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan tiap kendaraan motor. Kinerja komponen tersebut dan v-belt akan menjadi lebih berat. Membawa beban berat dengan frekuensi sering akan membuat kampas ganda menjadi cepat habis dan v-belt menjadi cepat retak.

Sering lewati jalan macet

Penyebab berikutnya adalah penggunaan motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan kampas ganda telah bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. Kampas yang sering bergesekan, menyebabkan kampas tersebut cepat habis. Pengendara motor matic bisa membiasakan untuk mengurangi menahan gas ketika motor berhenti. Lebih baik menggunakan rem untuk menahan motor saat berhenti di kemacetan.

Sering lewati jalan menanjak

Saat motor matic sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau turun, kampas menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah.

Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.

Menahan gas ketika motor berhenti

Hal lain yang menyebabkan dua unit kopling cepat habis adalah menahan gas saat motor matic berhenti. Saat motor matic diam, dua unit kopling tersebut bergesekan dengan rumah atau mangkuknya. Hal ini juga bisa menyebabkan kampas cepat habis sebelah.

Baca juga: Bearing Motor Sudah Oblak Sebaiknya Segera Ganti Supaya Tak Jadi Begini

Adapun tanda-tanda kampas ganda motor matic mulai habis seperti tarikan yang terasa berat karena kampas kopling mulai aus. Kemudian terasa getaran pada CVT lantaran kampas yang menipis dan tak bisa menempel dengan baik di wadahnya. Ciri lainnya, kick starter terasa loss akibat menipisnya kampas. Jika sudah merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Sumber gambar: YouTube Java Motorland

Gas Motor Info Otomotif Kampas Ganda Motor Matic V-belt

Rekomendasi Motor Bekas