Empat Jenis Kampas Kopling Motor: Tipe Ini Cocok untuk Pemakaian Harian, Kurang Tepat Buat Model Sport

momotor.id - Kampas kopling termasuk salah satu komponen vital pada motor. Karena itu, penting bagi pemilik motor mengetahui beberapa jenis kampas kopling sesuai peruntukannya.

Kampas kompling merupakan salah satu komponen yang berperan dalam menghubungkan dan memutus hubungan antara mesin dengan transmisi. Selain itu, komponen ini juga bertugas mentransmisikan tenaga putaran mesin menuju transmisi ke roda penggerak.

Dengan mengendalikan tuas kopling, pengendara motor dapat memutus atau menghubungkan tenaga mesin dengan transmisi sesuai kebutuhan. Seperti saat melakukan perpindahan gigi, menghentikan motor, atau menambah kecepatan.

Mengingat peran vitalnya pada motor, saat ini ada beberapa jenis kampas kopling yang digunakan untuk beberapa kebutuhan. Berikut empat jenis kampas kopling motor yang saat ini beredar di pasaran.

Wet Clutch

Wet Clutch atau kampas kopling basah adalah jenis kampas kopling yang terendam dalam minyak mesin, biasa digunakan pada sepeda motor dengan transmisi manual. Minyak mesin ini berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan kampas kopling saat terjadi gesekan.

Karena terendam pelumas, maka perawatan kampas kopling jenis ini relatif lebih mudah. Selain itu, daya tahannya juga baik, cocok digunakan untuk pemakaian harian tetapi kurang cocok untuk motor sport atau motor dengan high performance.

Dry Clutch

Dry Clutch atau kampas kopling kering tak menggunakan minyak sebagai pelumasnya. Kampas kopling kering juga biasa disebut sebagai kampas kopling ganda dan umum digunakan pada motor matic.

Jadi, sebenarnya motor jenis matic tetap memiliki kopling, tetapi bentuknya berbeda dengan komponen di motor transmisi manual atau motor bebek. Fungsinya sama, yaitu menyalurkan tenaga mesin menuju ke roda belakang.

Ceramic Clutch

Ceramic Clutch atau kampas kopling keramik menggunakan bahan friksi berupa serat keramik yang tahan panas dan memiliki koefisien gesekan yang tinggi.

Kampas kopling keramik umumnya digunakan pada sepeda motor balap atau motor performa tinggi. Hal ini karena bahannya mampu menahan panas dan memberikan performa yang optimal. Namun, perawatan kampas kopling keramik lebih intensif sebab cenderung lebih cepat aus.

Baca juga: Lima Bagian Penting Kelistrikan Motor, Komponen Ini yang Pertama Diperiksa Kalo Ada Masalah

Metal Clutch

Sesuai namanya, Metal Clutch merupakan kampas kpling yang menggunakan lapisan logam sebagai bahan geseknya. Metal clutch umumnya digunakan pada sepeda motor besar atau motor off-road yang memiliki tenaga tinggi.

Dari segi performa, kampas kopling logam memiliki daya tahan yang baik. Namun di sisi lain karena terbuat dari logam, maka materialnya cenderung memberikan sensasi kopling yang terasa lebih keras dan kurang nyaman.

jenis kampas kopling Kampas Kopling Motor Motor Manual Motor Matic

Rekomendasi Motor Bekas