Jelang Akhir Tahun, Lakukan Perawatan ini Untuk Motor

momotor.id - Jelang akhir tahun, sepeda motor tentunya memerlukan perawatan setelah dipakai untuk menunjang rutinitas. Perawatan sepeda motor dilakukan untuk menjaga kondisi motor tetap prima. Beberapa komponen membutuhkan perawatan dan pengecekkan kondisi, bahkan ada komponen yang harus diganti. Berikut ini adalah beberapa tips dan komponen yang perlu dicek oleh pemilik motor.

Perawatan Kondisi Oli Mesin Motor Jelang Akhir Tahun

Perawatan motor harus sering dilakukan, apalagi menjelang akhir tahun. Agar menjaga performa mesin tetap awet dan nyaman, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap kondisi oli. Apabila kondisi oli sudah sedikit atau keruh, maka perlu penggantian oli. Lakukan penggantian oli selaama kelipatan 2000 km - 3.000 km, atau sekitar 2 bulan sekali.

Periksa Kondisi Rem

Menjaga kondisi rem dan kampas rem untuk tetap prima sangat penting, apalagi ketika motor sering digunakan. Apabila cengkraman rem sudah berkurang dan rem berdecit, maka penggantian dan pemeriksaan pada komponen pada rem wajib dilakukan. Pemilik motor juga disarankan untuk mengganti komponen kampas rem saat 12.000 km. Jika komponen rem tidak dicek dan dilakukan penggantian apabila rusak, maka akan berakibat fatal.

Baca Juga: Jangan Nekat! Kenali Batas Aman Motor Menerabas Banjir

Perawatan Rantai dan Gir Motor Jelang Akhir Tahun

Fungsi rantai dan gir pada motor manual sangat penting, yaitu sebagai penggerak dari roda. Cara untuk merawat rantai dan gir pada motor ini adalah dengan membersihkan dan melumasi menggunakan oli. Penggantian pada komponen rantai dan gir disarankan setiap kelipatan 15.000 km agar kondisi motor tetap prima.

Tekanan Udara dan Pola Ban

Kenyamanan berkendara akan menjadi tidak maksimal apabila permukaan ban yang tipis dan tekanan udara ban yang berkurang. Salah satu cara memeriksa ban yang tipis adalah dengan melihat pola ban. Apabila pola pada ban sudah samar-samar, maka tandanya ban sudah tipis. Jika ban masih digunakan, maka bisa terjadi slip. Selain itu, tekanan udara pada ban juga perlu dicek. Tekanan udara yang berlebihan atau kekurangan dapat berdampak buruk pada kenyamanan berkendara dan merusak ban itu sendiri.

Pengecekan terhadap Lampu Motor

Lampu merupakan komponen penting pada motor. Pemilik motor wajib cek lampu-lampu pada motor, seperti lampu utama, lampu belakang, dan lampu sen. Fungsi dari komponen lampu sendiri selain untuk visibilitas, digunakan untuk menginformasikan apabila ingin berbelok. Komponen lampu yang rusak atau tidak berfungsi tentunya akan membahayakan.

perawatan motor Perawatan Motor Jelang Akhir Tahun tips perawatan motor

Rekomendasi Motor Bekas