Ini Tips Merawat Vespa agar Tetap Prima

momotor.id - Vespa merupakan kendaraan yang banyak digemari oleh masyarakat. Penggemar vespa banyak yang rela merogoh kocek lebih untuk membeli vespa, khususnya vespa tua. Meskipun demikian, pemilik vespa wajib memahami bagaimana cara merawat vespa. Pasalnya, vespa memiliki komponen yang cukup berbeda dibanding dengan motor. Berikut adalah beberapa tips yang perlu disimak dalam merawat vespa agar lebih prima.

Pengecekan Aki, Karburator, dan Kran Bensin Secara Rutin

Salah satu tips dalam merawat vespa adalah mengecek beberapa komponen penting. Dalam kasus vespa tua, komponen paling penting yang perlu diperhatikan adalah aki, karburator, dan kran bensin. Diperkan pembersihan secara rutin pada kepala aki menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan air panas. Selain itu, apabila vespa ditinggal lama, pemilik disarankan untuk melepas aki motor dalam tempat yang bersih dan kering. Hal ini dapat meminimalisir pergerakan arus yang berkelanjutan.

Salah satu komponen pada vespa yang sering terkena masalah ada pada bagian karburator. Umumnya terjadi penyumbatan pada karburator vespa, khususnya pada vespa tua. Bagian-bagian pada karburator perlu dicuci menggunakan bensin. Selain itu, pemilik vespa juga perlu meniup saluran bensin dan udara agar karburator tidak tersumbat.

Bagian kran bensin pada vespa merupakan bagian yang sering terjadi penyumbatan apabila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, kran bensin perlu dibersihkan secara rutin. Salah satu caranya dengan merendam saluran kran dengan bensin dan dibersihkan.

Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Agar sistem pembakaran pada mesin menjadi lebih efisien, pemilik vespa disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Penggunaan bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi juga mencegah tangki bahan bakar berkerak. Tangki yang berkerak akan menghambat saluran pada bagian sistem pembakaran.

Baca Juga: Piaggio Luncurkan Vespa Edisi Terbatas Rayakan Kiprah 10 Tahun di Indonesia

Rutin Cek Oli dan Gunakan yang Berkualitas

Pengecekan oli secara rutin perlu dilakukan agar kinerja mesin vespa tetap optimal. Pemilik vespa juga disarankan untuk melakukan pergantian oli sebulan sekali, meskipun tidak dipakai. Pemilihan oli juga perlu diperhatikan. Gunakan oli yang berkualitas agar mengurangi endapan bahan aditif dari oli. Hal ini dilakukan agar oli tidak meninggalkan kerak.

Cek Kabel Perseneling Secara Rutin

Salah satu komponen vespa yang perlu dicek secara rutin adalah bagian kabel persneling. Tali persneling pada vespa tua umumnya sangat sensitif. Apabila tali vespa kendor, pengguna vespa dapat merasakan perpindahan gigi yang tidak nyaman, dan tarikan yang mengayun.

Merawat Busi Vespa

Busi merupakan salah satu komponen pada vespa yang mudah rusak. Pemilik vespa disarankan untuk melakukan perawatan pada busi vespa secara rutin. Apabila memungkinkan. pemilik vespa perlu membawa busi cadangan selama perjalanan. Hal ini dapat mencegah permasalahan pada busi saat mengendarai vespa di jalan.

Bagi kamu yang ingin mencari Vespa berkualitas, Kamu bisa cek di Momotor, banyak promo menariknya lho. Cek link berikut untuk pilihan vespa >> Pilihan Vespa Berkualitas

merawat vespa tips merawat motor tips merawat vespa Vespa

Rekomendasi Motor Bekas