Beredar Paten Honda Forza Terbaru, Apakah Bakal Mengaspal di Indonesia? AHM Bilang Gini

momotor.id - Honda kabarnya tengah mempersiapkan Forza terbaru guna bersaing dengan Yamaha XMax Connected yang belum lama ini mengaspal di Indonesia. Apa tanggapan Honda terkait hal ini?

Kabar Honda tengah mempersiapkan Forza terbaru berawal dari adanya paten di laman resmi Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Pada paten tersebut, terlihat visual Honda Forza terbaru dari berbagai sisi. Bila diamati, desain paten yang terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No. 43/DI/2022 itu persis dengan Honda Forza 250 anyar yang juga baru-baru ini diluncurkan untuk pasar Jepang pada awal Desember 2022.

Paten Honda Forza terbaru

Ini bisa terlihat dari bagian samping dan lampu belakangnya yang sudah menggunakan desain baru. Seperti yang tertera, desain tersebut didaftarkan oleh Honda Motor Co., Ltd. yang diumumkan tanggal 27 Desember dengan nomor permohonan A00202204568.

Sebagai informasi, pada laman resmi Honda Jepang, ubahan skutik premium itu sifatnya facelift alias penyegaran. Perubahan yang paling terlihat ada pada bagian depan, samping, dan buritannya.

Lampu depan kini desainnya terpisah, sementara untuk garis-garis desain bagian samping juga lebih ramping dan sederhana, minim lekukan tajam. Desain lampu belakang juga diperbarui dan semakin terlihat atraktif.

Semua lampu sudah dibekali dengan teknologi LED. Area panel instrumen juga mendapat penyegaran, masih mengandalkan kombinasi layar digital dan analog, hanya saja tampilannya kian modern dan mewah.

Tidak ada informasi soal pembaruan jantung mekanismenya, pabrikan hanya menyebut mesin yang diusung telah memenuhi regulasi emisi terbaru yang berlaku di sana. Bila dibandingkan dengan Forza lawas yang masih dijual di Indonesia, figur tenaganya masih mirip.

Baca juga: Spesifikasi Moge Listrik LiveWire One, Cuma Perlu 1 Jam Supaya Baterai Terisi 100 Persen

Mesin 250 cc SOHC berpendingin cairan dan juga sudah menggunakan teknologi ESP+ itu mampu mengeluarkan tenaga 22,6 dk pada 7.750 rpm dan torsi 24 Nm di 6.250 rpm. Selanjutnya, tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT.

Selebihnya, fitur-fitur lain masih tetap dipertahankan seperti windshield yang dapat diatur ketinggiannya secara elektris, bagasi luas yang mampu tampung dua helm, ruang laci penyimpanan dengan dermaga USB tipe C.

Apa kata AHM?

Beredarnya paten tersebut menimbulkan rumor Honda Forza terbaru bakal segera mengaspal di Indonesia.

Namun menurut Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Rina Listiani, hingga saat ini pihaknya belum ada rencana untuk memperkenalkan model baru Forza di Indonesia.

"Belum ada rencana (meluncurkan Honda Forza terbaru) ya," ujarnya seperti dikutip dari kumparan.

Terkait performa penjualannya, Rina mengaku untuk model yang sudah ada saat ini masih terus banyak peminatnya. Namun ia tidak merinci berapa jumlah angka Forza yang terjual.

Mengenai paten desain Honda Forza facelift yang didaftarkan tersebut, dirinya enggan berkomentar.

Honda Forza paten premium Skutik Yamaha XMax Connected

Rekomendasi Motor Bekas