momotor.id - Honda EM1 e: merupakan motor listrik perdana dari pabrikan sayap kepak yang mengaspal di Indonesia. Meski statusnya adalah motor listrik, Honda EM1 e: ternyata masih dibekali aki. Untuk apa?
Beberapa pihak mungkin ada yang menyangka kendaraan bertenaga setrum ini tak memerlukan aki seperti motor konvensional. Karena sumber tenaga utamanya adalah dari baterai yang menyimpan arus listrik.
Namun ternyata, meski dibekali baterai sebagai sumber tenaga, Honda EM1 e: masih menggunakan aki 12 volt. Fungsinya untuk menghidupkan speedometer, lampu, stoplamp, dan lampu sein.
Pengisian aki 12 volt pada EM1 e: pun agak berbeda dibanding motor konvensional. Pada motor berbahan bakar bensin, aki 12 volt mendapat suplai dari spul atau generator.
Sementara pada Honda EM1 e:, pengisian akinya berasal dari Honda Mobile Power Pack yang merupakan baterai utama. Tegangannya diubah melalui komponen down regulator agar listrik bisa disimpan di aki.
Secara sederhana, komponen down regulator pada motor listrik Honda EM1 e: berfungsi mirip dengan kiprok pada motor bensin. Selain mengatur arus dari spul, kiprok juga mengubah arus yang berasal dari spul atau generator menjadi 12 volt agar bisa disimpan di aki.
Baca juga: Honda Super Cub C125 Punya Warna Baru, Balutan Jok Cokelat Tambah Kesan Retro
Jenis aki yang digunakan EM1 e: sebenarnya sama seperti aki yang digunakan Honda BeAT. Aki tersebut memiliki spesifikasi 12 volt 3 ampere hour. Sementara Honda EM1 e: menggunakan aki dengan tipe YTZ4A, sama seperti yang digunakan matic sejuta umat itu.
Namun, untuk mengganti aki motor listrik seperti EM1 e: tidak semudah mengganti aki seperti di motor bensin pada umumnya. Untuk melepasnya juga tidak semudah mengganti aki motor bensin. Butuh alat khusus yang tersedia di AHASS untuk melepas aki 12 volt EM1 e:.