momotor.id - Sebuah video yang diunggah akun TiKTok @kimzizs viral di media sosial yang menunjukkan seorang wanita tengah mengisi BBM Honda BeAT yang dibawanya mengggunakan Pertamax Turbo.
Mengisi Honda BeAT dengan Pertamax Turbo dinilai sebagian besar netizen tidak lazim, termasuk oleh akun pengunggah video itu sendiri. "Hidup lagi capek-capeknya, ada ibu-ibu bawa BeAT ngisi turbo," bunyi keterangan dalam video itu.
Pada keterangan di bawahnya, pengunggah video juga menyelipkan candaan dengan menulis 'mungkin beat nya bore up'. Video ini pun memancing beragam reaksi dari netizen.
Hingga 14 September 2023, video ini sudah ditonton lebih dari 7 juta kali dan setidaknya ada lebih dari 7.000 komentar yang menanggapi unggahan video tersebut. Beberapa netizen tampak tak memahami apa salahnya mengisi Honda BeAT yang tergolong motor matic dengan mesin kecil menenggak Pertamax Turbo.
"Mslhnya apa yackk klo isi Pertamax turbo cb di jelaskenn???" tulis akun @_2ndawww. "Emg knapa sih, supra bapak gw aj isi pertamax turbo," tulis akun @marsevyx.
"Mio gear bapak saya kadang aku isi Pertamax Turbo kalo habis gajian kalo harian isi pertalite," tulis akun @jawatimuran4. "Supra bpk gua ngisi pertamax turbo karna males ngantri," tulis akun @masgan9417.
Memang tak diketahui apa alasan wanita dalam video tersebut mengisikan tangki BBM Honda BeAT yang dibawanya menggunakan Pertamax Turbo. Namun sebagai informasi, Honda BeAT yang tampak pada video tersebut merupakan model baru yang rilis pertama kali tahun 2020.
Menggendong mesin 110 cc, secara spesifikasi Honda BeAT memang tidak cocok meminum Pertamax Turbo dengan RON 98 yang memiliki kandungan oktan tinggi.
Efek bahan bakar dengan oktan tinggi baru terasa pada motor-motor dengan kapasitas mesin yang juga tinggi. Sebab hal ini berkaitan dengan tingkat kompresi pembakaran.
Namun bila digunakan pada motor dengan kapasitas mesin 150 cc ke bawah, justru malah menghadirkan kendala karena kurang mampu mengompresi oktan tinggi.
Baca juga: Stop and Go Motor Kopling di Tanjakan, Lakukan Ini Supaya Gak Ndelosor ke Belakang
Efeknya, mesin harus bekerja ekstra saat melakukan kompresi dan ada potensi overheating yang bisa merusak komponen-komponen tertentu. Beberapa kerusakan komponen yang dimaksud bisa pada bagian elektroda busi, piston, dan masa pakai oli yang menurun drastis.
Pada mesin motor yang overheating, ciri-ciri umumnya adalah oli mesin berwarna merah ketika diganti. Dan itu tidak bagus untuk kesehatan mesin. Motor dengan mesin 150 cc ke bawah disarankan menggunakan bahan bakar dengan RON 92 seperti Pertamax, Shell Super, atau Revvo 92.