Mending Pilih Helm Full Face atau Half Face? Ini Tipsnya Buat yang Masih Galau

momotor.id - Ketika berkendara menggunakan motor, rider wajib menggunakan helm. Ada dua jenis helm yakni helm half face dan full face. Dua jenis helm ini terkadang membuat rider galau, mending pilih helm half face atau full face?

Sebelum memilih, ada baiknya mengetahui lebih dulu keunggulan dari kedua jenis helm tersebut. Seperti dilansir laman Suzuki, helm half face adalah jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, sementara area muka hanya menggunakan kaca plastik, jadi wajah pengendara masih terlihat.

Helm half face lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti belanja ke minimarket, berangkat kerja, main ke rumah teman atau sanak keluarga, menangantarkan anak ke sekolah dan aktivitas ringan lainnya.

Mengingat hanya menutup sebagian wajah saja, helm half face pun baik digunakan saat cuaca sedang baik, dan kebutuhan riding dalam kota saja. Sementara untuk riding berat atau kondisi lainnya, Anda lebih disarankan menggunakan helm full face.

Baca juga: Ciri-ciri Mesin Motor Mengalami Overheat, Jangan Paksakan Jalan

Sementara helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali Anda. Makanya, demi mencegah kecurigaan, helm full face dilarang dipakai saat masuk ATM atau ketika berbelanja.

Selain untuk berkendara berat, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin.

Jadi, pilih helm half face atau full face?

Sebenarnya ini kembali lagi ke kebutuhan tiap individu. Untuk kebutuhan harian, sebagian besar orang mungkin lebih memilih helm half face. Namun jika merasa nyaman menggunakan helm full face untuk harian, maka tidak ada salahnya menggunakan helm full proteksi tersebut.

Ada baiknya jika memiliki kedua jenis helm tersebut. Sehingga rider bisa mempunyai pilihan hendak memakai helm yang mana sebelum bepergian dengan mempertimbangkan tujuan dan kondisi cuaca atau jalanan. Atau jika ingin lebih hemat, bisa membeli helm 2 in 1 yang bisa menjadi helm full face atau half face.

Helm Full Face Helm Half Face Helm Motor Info Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas