Harga Rangka eSAF Honda yang Digunakan BeAT, Genio, Scoopy, dan Vario 160: Kompak Rp1 Jutaan, Belum Ongkos Pasang

momotor.id - Isu rangka eSAF motor Honda rawan keropos menimbulkan pertanyaan lain mengenai harga rangka tersebut bila dibeli secara ketengan. Jadi, berapa harga rangka eSAF motor Honda yang dijual di pasaran?

Sebagai informasi, rangka eSAF ini digunakan pada model Genio, BeAT, BeAT Street, Scoopy, dan Vario 160. Honda Genio menjadi model pertama yang menggunakan rangka eSAF ini saat mengaspal pada tahun 2019 lalu.

PT Astra Honda Motor (AHM) sebenarnya memberikan garansi rangka selama satu tahun atau 10 ribu kilometer, mana yang tercapai lebih dulu. Bila rangka eSAF mengalami masalah selama masa garansi, maka bisa diklaim ke AHASS tanpa biaya bila dianggap memenuhi syarat dan ketentuan.

AHM memberikan garansi untuk rangka. Tentunya, garansi-garansi tersebut hanya berlaku untuk penggantian atau perbaikan suku cadang yang rusak akibat:

  • Kesalahan proses produksi
  • Kesalahan bahan atau material produk
  • Kesalahan konstruksi

Garansi ini hanya berlaku untuk motor Honda yang dirawat secara teratur di bengkel resmi Honda atau AHASS di seluruh Indonesia, sesuai Jadwal Perawatan Berkala yang telah ditentukan dalam buku servis. Apabila motor Honda berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di buku servis.

Namun bila rangka eSAF yang patah sudah lewat masa garansinya, maka perlu membelinya. Penjualan rangka eSAF ini tak seperti komponen lainnya karena pemilik motor perlu melampirkan beberapa copy dokumen seperti kartu identitas, STNK, hingga BPKB.

Lalu, berapa harga rangka eSAF Honda dari tiap model tersebut? Berikut daftar selengkapnya.

  • Rangka Honda Genio - kode komponen 50100K0JN00: Rp1.120.000
  • Rangka Honda BeAT dan BeAT Street (Januari 2020 ke atas) - kode komponen 50100K1AN00: Rp1.150.000
  • Rangka Honda Scoopy (November 2020 ke atas) - kode komponen 50100K2FN00: Rp1.150.000
  • Rangka Honda Vario 160 (Februari 2022 ke atas) - kode Frame Body Component 50100K2SN00 dan 50100K2SN10: Rp1.370.500

Sebagai informasi, harga rangka di atas belum termasuk biaya jasa pemasangan. Karena harus membuka semua body, maka kisaran harga jasa pemasangannya sekitar Rp300 ribuan.

Baca juga: Isu Rangka eSAF Honda Gampang Keropos, Netizen Serbu Video Klarifikasi AHM: Semangat Bikin Kontennya, Jangan Bikin Motor

Adapun isu rentan keropos dan karatan rangka eSAF Honda bermula dari video yang diunggah akun Instagram @infodepok_id yang memperlihatkan motor Honda BeAT mengalami patah pada bagian tengah kendaraan.

Pengendara yang sedang berboncengan itu merasa bingung dan mengaku tak tahu penyebab motornya bisa seperti itu. Motor yang ditunggainya terlihat patah sehingga bagian tengah dashbor menekuk ke bawah.

Kemudian video kedua diunggah akun Twitter (kini X) @hiburandisosmed yang memperlihatkan seseorang membongkar Honda Vario yang mengaku dibelinya pada 22 Juli 2023.

Tak sampai sebulan atau pada 13 Agustus 2023, motor ini dibongkar dan memperlihatkan penampakan rangka eSAF yang terdapat titik karat. Pembuat video mengaku heran sebab belum sekalipun dia mengendarai motornya ketika cuaca hujan.

Masalah karat ini yang kemudian menimbulkan spekulasi netizen sebagai awal mula motor Honda dengan rangka eSAF bermasalah hingga mengalami patah.

Pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memberikan tanggapan terkait viralnya video mengenai beberapa model motor maticnya yang disebut bermasalah pada bagian rangka.

"Untuk kasus yang sudah masuk ke kami, investigasi sedang dilakukan," kata Direktur Pemasaran AHM, Octavianus Dwi Putro.

harga rangka eSAF Honda Honda Beat Honda Genio Honda scoopy Honda Vario 160 rangka eSAF

Rekomendasi Motor Bekas