Dua Motor Listrik Honda Resmi Dapat Subsidi Rp7 Juta, Harganya Jadi Segini

momotor.id - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengumumkan dua model motor listrik yang dijual ke publik yakni EM1 e: dan EM1 e: PLUS. Kedua model motor listrik Honda ini juga telah memenuhi persyaratan untuk mendapat subsidi Rp7 juta sehingga mengalami penurunan harga.

Honda EM1 e: telah memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen dan telah terdaftar di laman Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira).

Skutik bertenaga setrum ini awalnya mulai mejeng di pasar Indonesia saat pameran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2023. Honda EM1 e: menggendong baterai lithium-ios dengan kapasitas 26,1 ah yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 41 km dengan kecepatan maksimum hingga 45 km/jam.

Sedangkan varian EM1 e: PLUS, membawa baterai lithium-ion dengan kapasitas 50,26V/1494 Wh (29,4 Ah). Pada varian ini, juga terdapat aksesoris tambahan berupa rear carrier.

"Hasil karya anak bangsa yang luar biasa, kedua model ini sudah diproduksi di pabrik kami yang berada di Pegangsaan, Jakarta," kata Executive Vice President Director AHM, Thomas Wijaya.

Bicara spesifikasi, Honda EM1 e: memiliki dimensi panjang 1.795 mm, lebar 680 mm, tinggi 1080 mm. Dimensinya cocok dikategorikan sebagai motor komuter yang compact. Bandingkan dengan Honda Beat, panjang 1.877 mm, lebar 660 mm, dan tinggi 1.074 mm.

Pada sisi pengereman juga telah dilengkapi dengan cakram depan berukuran 190mm dan drum brake pada sisi belakang yang terkoneksi dengan Combi Brake System (CBS) untuk memperhalus pengereman.

Sementara itu, ban depan berukuran 90/90 dengan velg 12 Inci dan ban belakang berukuran 100/90 dengan velg 10 Inci.

Soal pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25-75 persen dan 6 jam untuk 0-100 persen. Harga unit baterainya sendiri mulai dari Rp5 juta.

Baca juga: Warna Baru Motor Listrik Volta Mandala, Kelir Anyar Kini Tampil Lebih Elegan

Bagi yang enggan mengisi ulang sendiri, bisa melakukan penukaran baterai dengan mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh. Biaya penukarannya sebesar Rp8.000.

Baterai MPP e: ini sudah mendapat proteksi IP65 yang diklaim tahan debu dan siraman air dari segala arah, serta memiliki standarisasi internasional UNR 136. AHM memberikan garansi hingga tiga tahun untuk baterai Honda EM1 e:.

Soal harga, motor listrik Honda EM1 e: dijual Rp33 juta dan EM1 e: Plus dijual Rp33,5 juta setelah dikurangi subsidi Rp7 juta. Honda EM1 e: ini dijual pada jaringan dealer sepeda motor Honda yang memiliki logo Honda e: shop. Honda EM1 e: mulai didistribusikan ke konsumen pada Desember 2023.

Saat ini terdapat tiga pilihan warna yakni Innovative White, Intelligent Matte Black, dan Smart Bred untuk varian EM1 e:. Sedangkan varian EM1 e: PLUS hanya terdapat satu pilihan warna yakni Excellent Matte Silver.

Honda EM1 e: Honda EM1 e: PLUS motor listrik Honda

Rekomendasi Motor Bekas