Tips Mencegah Aquaplaning ketika Menerobos Genangan Air Menggunakan Sepeda Motor

momotor.id - Aquaplaning merupakan kondisi yang perlu dihindari ketika menerobos genangan air menggunakan sepeda motor. Karena salah-salah, pengendara motor bisa kehilangan kendali dan terjatuh dari kendaraannya.

Saat turun hujan lebat, pengendara motor memang perlu ekstra hati-hati. Pasalnya kondisi jalan lebih licin dan tidak sama seperti ketika cuaca sedang cerah.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai ketika berkendara menggunakan motor saat hujan adalah potensi terjadinya aquaplaning. Kondisi aquaplaning bisa terjadi saat motor melewati genangan air.

Menurut Instruktur Keselamatan Berkendara dan Founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu, aquaplaning merupakan sebuah gejala ketika objek yang bergerak di atas permukaan air tidak menempel ke permukaan di bawah air.

Lapisan air yang menghalangi kontak antara permukaan ban dengan jalan otomatis mengurangi traksi roda (grip) atau bahkan hilang sama sekali. Dampaknya, motor bisa selip dan tidak terkendali.

Itu sebabnya, kondisi ini cukup berbahaya karena pengendara kehilangan kendali atas motornya serta berpotensi terjatuh dan terjadi kecelakaan.

Baca juga: Perbedaan Motor Listrik dan Hybrid, Model Ini Bisa Jadi Contohnya

Sedangkan menurut Instruktur Yamaha Riding Academy, Muhammad Arief, ada beberapa faktor yang memicu aquaplaning. Pertama adalah berkendara dengan kecepatan tinggi saat motor melewati genangan air.

"Kurangi kecepatan saat melewati genangan air. Kalau kena aquaplaning, orang bilang, rodanya terasa ngambang. Berarti daya cengkramannya kurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Kalau dibawa ngebut, otomatis motor bisa tidak stabil dan jatuh," jelas Arief.

Itu sebabnya, ketika mengendarai motor di tengah hujan lebat, sebisa mungkin kurangi kecepatan dibanding biasanya. Apalagi saat harus melewati genangan air yang cukup dalam.

Pengendara motor perlu berhati-hati dan menjaga grip ban benar-benar masih mencengkram ke aspal. Hal lain yang perlu diperhatikan, hindari pengereman mendadak karena berpotensi membuat ban menjadi selip sehingga pengendara bisa saja terjatuh.

Aquaplaning genangan air hujan Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas