Banyak Calon Konsumen Minta Buka Body, Garansi Rangka Motor Matic Yamaha Kini Sampai 5 Tahun

momotor.id - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan perpanjangan masa garansi untuk rangka motor matic mereka dari yang sebelumnya hanya satu tahun menjadi lima tahun masa pemakaian.

Seperti diketahui, isu rangka motor bermula dari sebuah unggahan video di media sosial yang memperlihatkan rangka eSAF motor matic Honda patah.

Isu rangka eSAF yang disebut keropos hingga membuat Kemenhub, KNKT, dan AHM membentuk tim gabungan untuk menyelidiki masalah tersebut.

Menurut tim peneliti, rangka ESAF milik Honda dibuat dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Merujuk pada hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, tim penguji memastikan, struktur eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load tinggi.

Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Meski begitu, dari hasil pemeriksaan, tim peneliti tetap menemukan adanya karat di rangka eSAF Honda. Tepatnya di bagian dalam yang tak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran sehingga menyebabkan air tersumbat dan berpotensi menyebabkan udara lembab di area rangka.

Belakangan, isu ini juga menimpa Yamaha. Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM mengakui isu rangka berkarat ini kurang lebih telah mempengaruhi kepercayaan calon konsumen.

Bahkan banyak dari mereka yang meminta motornya dibongkar lebih dulu. "Masalah rangka ini jadi viral di mana-mana, dan impact-nya ke Yamaha juga besar sekali. Dealer-dealer itu cukup repot. Customer ini saat beli motor sekarang itu minta dibuka (bodinya), mau lihat sendiri langsung motor itu rangkanya, bagaimana kualitas Yamaha," kata Dyon.

Guna menjaga kepercayaan konsumen, Yamaha memberikan perpanjangan masa garansi khusus komponen rangka. Dari yang semula hanya satu tahun menjadi lima tahun.

Garansi terbaru ini berlaku untuk jajaran motor matic Yamaha dan berlaku untuk pembelian mulai tanggal 1 Oktober 2023.

Khusus matic category, yang menjadi trendsetter sekarang ini, Yamaha akan meng-announce, karena kita sangat confident dengan quality kita. Kita akan announce garansinya tidak satu (tahun) lagi, tapi lima tahun. Ini untuk membuktikan bahwa Yamaha quality-nya bisa dipercaya. Jadi customer nggak usah cek lah, aman lima tahun ke depan," paparnya.

Garansi rangka 5 tahun ini berlaku untuk motor-motor Yamaha, meliputi kelas Maxi (Nmax, Xmax, Aerox, Lexi), kemudian Classy (Grand Filano, Fazzio), dan skutik-skutik model lainnya seperti Mio M3, FreeGo, X-Ride, dan Fino.

Baca juga: Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan Menurun, Pengendara Mesti Gimana?

Garansi 5 tahun atau interval 50.000 km ini sama seperti yang berlaku buat komponen DiAsil Cylinder & Forged Piston, dan komponen FI (injeksi).

Garansi rangka 5 tahun ini melengkapi garansi-garansi yang sudah ada sebelumnya, seperti garansi umum 1 tahun (12.000 km), garansi kelistrikan 2 tahun (24.000 km), dan garansi mesin 3 tahun (36.000 km).

garansi rangka Yamaha rangka eSAF rangka motor rangka yamaha

Rekomendasi Motor Bekas