Benarkah Motor yang Sering Macet-macetan Harus Ganti Oli Lebih Cepat? Ahlinya Bilang Gini

momotor.id - Penggantian oli motor menurut hitungan normal bengkel resmi umumnya sekitar 2.000-2.500 km atau sekitar 2-3 bulan sekali, mana yang lebih cepat tercapai. Namun ada kalanya, motor harus ganti oli lebih cepat karena alasan tertentu.

Ada beberapa faktor yang membuat motor harus ganti oli lebih cepat. Salah satunya, motor kerap terjebak kemacetan ketika menempuh perjalanan.

Kemacetan selama perjalanan, apalagi jika dialami setiap hari, akan mempengarui usia pemakaian oli motor. Siklus ganti oli pada motor menjadi lebih cepat meski belum menyentuh batas jarak tempuh standar atau mencapai minimal pergantian bulan.

Penyebab mengapa motor yang sering terjebak kemacetan harus mengganti oli lebih cepat lantaran usia oli menjadi lebih singkat. Hal ini karena mesin akan bekerja keras namun motor dalam keadaan idle atau stasioner ketika macet.

Dengan begitu, penggunaan oli di mesin juga akan sangat meningkat. Usia penggantian oli antara motor yang sering terkena macet dengan yang sering digunakan untuk pemakaian jarak dekat seperti di perumahan cukup berbeda.

Pengguna yang sering memakai motornya area perumahan yang tak pernah mengalami kemacetan, intensitas penggantian olinya lebih rendah. Berbeda dengan pengguna yang sering melewati kemacetan, intensitas pergantian olinya cukup tinggi. Bila dibandingkan, yang jarang kena macet ganti olinya dua bulan sekali. Sedangkan yang sering kena macet bisa dua minggu sekali.

Baca juga: Oli Gardan Motor Juga Wajib Diganti Meski Gak Berubah Warna, Mau Tau Kenapa?

Seperti disebutkan di atas, kualitas oli mesin motor yang sering terkena macet akan cepat sekali menurun. Bila kondisi olinya sudah tak bagus, motor yang sering kena macet juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti akselerasi tersendat, tarikan terasa berat, hingga mesin yang menggelitik.

Adapun fungsi utama oli adalah melumasi komponen mesin motor agar gesekan yang dihasilkan mesin tidak terhambat. Oli sendiri juga berperan sebagai pengatur suhu dalam mesin. Saat terjadi pembakaran di dalam silinder mesin, oli dapat menetralkan suhu, baik ketika suhu mesin tinggi maupun rendah.

Ganti Oli Motor kemacetan Oli Motor

Rekomendasi Motor Bekas