momotor.id - Beberapa pengendara motor mungkin ada yang hanya mementingkan penggantian oli mesin dan lebih mengabaikan oli gardan. Padahal, penggantian rutin oli gardan pada motor juga sama pentingnya.
Pemilik sepeda motor dianjurkan mengganti oli gardan sesuai anjuran pabrikan. Idealnya, oli gardan wajib diganti 8.000 kilometer sekali. Lebih mudahnya, setiap dua kali ganti oli mesin, maka penggantian oli mesin ketiga turut ditambahkan penggantian oli gardan.
Bila motor jarang dipakai, maka penggantiannya bisa dilakukan tiap tiga atau empat bulan sekali. Meski demikian, masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Sebab, oli gardan tampak bagus-bagus saja ketika hendak diganti sesuai buku manual yang diberikan produsen.
Oli gardan memang cenderung tidak berubah warnanya meski sudah dipakai lama. Ini dikarenakan oli gardan kinerjanya tidak seberat oli mesin. Oli yang tak berubah warna ini belum tentu kondisinya bagus sebab oli juga punya masa pakai.
Oli gardan punya fungsi yang penting sebagai pelumas bearing-bearing dan gir pada transmisi CVT motor matik yang saling bergesekan ketika motor digunakan. Bila tidak dilakukan secara rutin, komponen tersebut bisa mengalami kerusakan.
Bila oli gardan jaran diganti, skutik bisa mengeluarkan bunyi bising di area CVT karena bearing dan gear bergesekan cukup keras. Kalau lama-lama dibiarkan, komponen tersebut bisa habis.
Baca juga: Kenapa Skutik Kekinian Tak Lagi Dilengkapi Engkol Mesin? Ternyata Alasannya Karena…
Selain itu, motor akan terasa bergetar terutama bila dikemudikan di jalan yang menurun. Ini dikarenakan gardan tidak bekerja dengan baik karena oli tidak melumasi komponennya secara sempurna.
Bila harus ganti bearing dan gear, untuk motor matik satu setnya sekitar Rp300 ribuan lebih. Sedangkan harga oli gardan hanya berkisar Rp16 ribu hingga Rp18 ribu.
Maka dari itu, oli gardan motor matik wajib diganti secara berkala. Ini bisa dilakukan baik di bengkel maupun di rumah. Bila tidak paham, pemilik bisa membawanya ke bengkel.
Takaran volumenya memang berbeda tiap motor. Karena itu disarankan ke bengkel bila tidak paham. Motor dengan cc kecil seperti 115 cc atau 125 cc perlu 140 ml. Sedangkan motor 150 cc butuh 150 ml.