Fungsi Relay Pada Lampu Motor: Cegah Korslet Hingga Kelola Aliran Listrik

momotor.id - Meski bentuknya cukup mungil, relay merupakan komponen yang bisa memberikan dampak signifikan pada lampu motor. Mau tau apa saja fungsi relay pada lampu motor ?

Pada umumnya, relay digunakan untuk meningkatkan kinerja lampu dan klakson. Ada beberapa alasan mengapa beberapa pemilik motor menambakan relay pada bagian lampunya.

Pertama, relay bisa menjadi solusi supaya sorot lampu lebih terang tanpa perlu mengganti lampu motor pabrikan dengan halogen atau HID yang harganya relatif tinggi. Alasan kedua, relay bisa menjadi solusi saat pemilik motor merasa lampu bawaan pabrik dirasa kurang memuaskan atau tak lagi optimal.

Penambahan relay pada lampu motor setidaknya memiliki empat fungsi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cegah korsleting

Fungsi pertama yang bisa dirasakan jika memasang satu relay lampu motor yakni bisa mencegah terjadinya korsleting.

Walau tidak semua relay berfungsi untuk melindungi perangkat listrik, namun rata-rata relay keluaran terbaru sudah dibekali dengan pelindung sehingga mampu mencegah timbulnya korsleting listrik.

Adanya arus pendek tersebut bisa terjadi apabila arus listrik dalam kondisi tidak stabil saat mengalir ke sekring.

Perpanjang usia saklar

Tiap kendaraan biasanya dilengkapi saklar utama. Penambahan relay bisa membantu meringankan beban saklar utama sehingga lebih awet dan tahan lama.

Mengelola aliran listrik

Relay juga bisa berguna sebagai pengelola aliran listrik karena bisa menyimpan arus listrik dan mengeluarkannya sedikit demi sedikit.

Selain itu, relay juga bisa mengatur arus listrik yang terlalu tinggi akibat terhambatnya sumber listrik sehingga berhenti pada salah satu perangkat.

Baca juga: Knalpot Motor Semburkan Asap Putih Gegara Oli Masuk ke Ruang Bakar, Kalo Asap Hitam?

Sebagai pengaman tambahan

Relay juga bisa difungsikan sebagai pengaman pada kendaraan baik mobil maupun motor. Penambahan komponen ini juga tidak berdampak pada aki kendaraan karena relay hanya bisa dioperasikan jika menggunakan listrik.

HID korsleting lampu motor listrik relay

Rekomendasi Motor Bekas