Fungsi Fitur ASR Pada Vespa GTS 150 Classic dan Super Sport: Berguna Buat Lewati Jalanan Basah atau Berkerikil

momotor.id - Salah satu penambahan fitur baru pada Vespa GTS 150 terbaru adalah Anti-slip Regulation (ASR). Apa fungsi fitur ASR ini di Vespa GTS 150?

Fitur ASR ini sudah lebih dulu digunakan pada Vespa GTS Tech 300. Menurut Aftersales Department PT Piaggio Indonesia, Irvan Henrianto, penambahan fitur ASR pada Vespa GTS 150 ini merupakan yang kali pertama.

"Kalau yang di GTS 300 kan sudah ada dari lama. Sudah terpasang di versi sebelumnya. Kalau di sini (Vespa GTS 150), memang baru," kata Irvan.

Cara kerja fitur ASR ini sama seperti kontrol traksi yang umum ditemui pada motor-motor matic kelas menengah. Fitur ASR berfungsi menjaga kecepatan roda depan dan belakang tetap sama guna menghindari terjadinya slip.

"ASR itu membandingkan kecepatan roda depan dan belakang. Mesin akan menurunkan performa atau tenaganya. Sehingga nanti akan didapat kecepatan roda depan dan belakang sama lagi," jelas Irvan.

Fitur ASR sendiri bisa dinyalakan dan dimatikan melalui tombol yang terdapat di area setang kanan. Ketika itu dinyalakan, ada keterangan 'ASR' yang menyala di panel instrumen digital.

Meski fungsinya bisa dinonaktifkan, Irvan menyarankan tetap menyalakannya. Sebab, meski performa GTS 150 tak sebesar GTS Tech 300, kemungkinan ban slip di jalanan akan tetap ada.

"Kalau tidak dinyalakan, jadinya ya blas gitu aja. Jadi perangkat itu tidak akan memberikan informasi ke ECU jika terjadi slip, maka sistem tidak akan melakukan apa-apa," paparnya.

"Ini kan fitur keselamatan, jadi dihidupkan biar lebih safety. Kalau misal di jalanan basah dan berkerikil, kemungkinan pengendara jatuh jadi berkurang," ujarnya lagi.

Sebagai informasi, Vespa GTS 150 terbaru juga dibekali sistem pengereman ABS. Kombinasinya dengan fitur ASR diharapkan dapat meningkatkan keamanan selama berkendara.

Baca juga: Cara Merawat Visor Helm Supaya Gak Cepat Baret: Jangan Digosok, Tapi Tepuk-tepuk Pakai Ini

Adapun Vespa GTS terbaru memiliki tiga varian yakni GTS Classic, GTS 150 Super Sport, dan GTS Super Tech 300. Tipe Classic dan Super Sport memiliki mesin berkapasitas 150cc dan Super Tech memiliki mesin HPE (high performance engine) berkapasitas 278cc.

Untuk harganya, Vespa GTS Classic dijual dengan banderol Rp78,8 juta. GTS 150 Super Sport dijual seharga Rp84,5 juta. Dan untuk versi 300cc GTS Super Tech 300 dibanderol Rp163,2 juta.

ASR Vespa GTS 150 Vespa GTS Classic Vespa GTS Super Sport

Rekomendasi Motor Bekas