Empat Hal yang Bikin Busi Motor Cepat Rusak Sebelum Waktunya

momotor.id - Fungsi busi cukup vital perannya pada sepeda motor. Komponen satu memegang peran penting dalam sistem perapian motor. Beberapa pengendara motor mungkin ada yang belum mengetahui cara kerja busi. Sehingga ketika busi motor mengalami kerusakan, tidak langsung melakukan penanganan pada komponen tersebut.

Busi termasuk komponen penting karena memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi. Jika busi mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan sistem perapian tidak akan bekerja secara sempurna.

Dalam kondisi ideal, rata-rata busi bisa berfungsi maksimal hingga 8.000-10.000 Km. Tapi sayang, ada beberapa kondisi yang menyebabkan busi jadi cepat rusak, salah satunya pengaruh perawatan dan kondisi mesin sepeda motor yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Lalu, apa saja yang menyebabkan busi motor cepat rusak?

Setelan bahan bakar tidak pas

Setelah bahan bakar yang salah bisa menyebabkan hisapan bensin terlalu banyak. Selain sepeda motor jadi lebih boros, busi pun akan cepat mati karena terlalu banyak disiram dengan bensin.

Untuk mengeceknya, bisa melihat bagian elektroda busi. Jika setelan bahan bakar terlalu banyak, biasanya bagian atas busi akan terlihat selalu basah. Solusinya, segera setting ulang setelan bahan bakar. Biasanya, masalah ini terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator.

Kompresi mesin bocor

Kompresi mesin yang bocor bisa menyebabkan hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber. Ciri khas utama kebocoran pada kompresi mesin adalah tenaga mesin akan ngempos, sistem pembakaran yang tidak berjalan maksimal, dan busi yang cepat mati.

Jalur pengapian korslet

Salah satu ciri adanya korsleting di jalur pengapian adalah motor terkadang ngadat atau brebet. Selain itu, motor pun biasanya akan mati total atau tidak bisa dihidupkan setelah dicuci.

Selain menyebabkan busi cepat mati, korsleting di jalur pengapian pun bisa menyebabkan komponen lainnya seperti CDI, koil dan spul cepat mati. Untuk mengatasinya, cek jalur pengapian dan lihatlah apakah ada kabel yang terbakar atau terlihat korsleting.

Baca juga: Tiga Hal yang Bikin Motor Hobi Mogok Pas Hujan, Coba Cek Komponen Ini

Pemasangan busi kurang tepat

Biasanya karena buru-buru, tanpa sadar pemasangan busi ternyata tidak sempurna. Misalnya terlalu longgar, atau bahkan posisi busi yang tidak tepat karena jalur baut yang sudah rusak.

Terlihat sederhana memang, tapi faktanya kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah pada mesin. Mulai dari tenaga motor yang ngempos, hingga busi yang jadi cepat mati.

busi motor Fungsi Busi Fungsi Busi Motor Ganti Busi Motor Info Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas