Honda Sematkan Fitur Throttle By Wire di CBR250RR, Buat Apaan Yak?

momotor.id - Bagi penggemar motor sport, mungkin sudah mendengar fitur Throttle By Wire pada Honda CBR250RR. Fitur ini terletak pada setang sebelah kanan dekat tuas gas. Apa sih fungsinya?

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, fitur Throttle By Wire (TBW) pada CBR250RR merupakan teknologi yang menggantikan peran rumah selongsong gas konvensional.

Endro menjelaskan, TBW sudah tak lagi menggunakan kabel kawat melainkan sistem elektrik. "Jadi pada bagian setang kanan ada yang namanya APS atau Accelerator Position Sensor yang membaca putaran bukaan gas," ujar Endro.

Mekanismenya, ketika tuas gas semakin dipuntir, sensor APS akan membaca sudut putaran kemudian perintah akan diteruskan ke Electronic Control Module (ECM).

"Setelah sampai ke ECM, ECM ini akan memerintahkan motor listrik yang berada di throttle body untuk membuka katup kupu-kupu atau nama lainnya throttle valve," tuturnya.

Endro menambahkan, penggunaan TBW ini jauh lebih akurat ketimbang yang masih menggunakan kabel baja konvensional. Akselerasi jadi lebih responsif karena minim potensi terjadinya latensi.

"Untuk perawatan juga bisa dibilang less maintenance karena tidak perlu dilakukan penyesuaian seperti terjadinya kabel macet kalau yang masih menggunakan kawat biasa," jelasnya.

Selain pada Honda CBR250RR, Endro menyebut teknologi TBW umumnya hadir pada sepeda motor seri flagship atau big bike Honda lainnya yang memiliki tenaga mesin yang besar.

Adapun New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS)/13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m)/ 11.000 rpm.

Motor ini diklaim hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175 km/jam.

Baca juga: Perbandingan Ongkos Motor Listrik dan Bensin untuk Jarak 40 Km, Lebih Irit Mana?

Kedua varian New CBR250RR disematkan suspensi depan yang dilengkapi dengan SFF-Big Piston. Fitur terbaru ini diklaim membuat sepeda motor yang lebih stabil saat berkendara.

Fitur baru pada New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter juga tampak dengan disematkannya lampu Hazard untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya.

Pada varian New CBR250RR SP Quick Shifter, fitur Quick Shifter telah disematkan pada model sebelumnya guna mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling.

Fitur yang sangat identik dengan motor balap ini memberikan kebanggan bagi penggunanya layaknya menunggangi motor balap MotoGP. Dengan Quick Shifter ini, pengendara juga dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.

Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan pada New CBR250RR, yaitu mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off.

CBR250RR Honda CBR250RR Info Otomotif Motor Honda Motor Sport

Rekomendasi Motor Bekas