momotor.id - Bila diperhatikan, beberapa model skutik keluaran terkini sudah tak dilengkapi engkol mesin. Ternyata ada alasan mengapa skutik kekinian menghilangkan keberadaan engkol mesin.
Memang masih ada skutik di kelas entry level yang tetap dibekali engkol mesin. Seperti Honda BeAT, Yamaha Gear 125, Yamaha Mio M3 125, atau Honda Scoopy khusus varian Fashion dan Sporty.
Sedangkan model skutik kekinian lainnya seperti Yamaha Fazzio, Yamaha Grand Filano, Honda Scoopy varian Prestige dan Stylish, atau Honda Vario 160 sudah tak dilengkapi engkol mesin.
Lalu, apa alasannya beberapa model skutik kekinian tak lagi dilengkapi engkol untuk menghidupkan mesin secara manual?
Menurut After Sales Service Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Suma Adnyana, perkembangan teknologi dan kebutuhan kepraktisan menjadi alasannya.
"Ini lebih soal teknologi yang berkembang ya, beberapa motor kami sudah menerapkan teknologi dari motor-motor canggih sebelumnya," kata Suma seperti dikutip dari kumparan.
Suma mengatakan setidaknya ada beberapa hal yang membuat motor skutik kekinian sudah tak lagi dilengkapi engkol selain karena faktor survei konsumen yang menginginkan motor yang praktis digunakan.
"Pertama itu ada teknologi dekompresi mesin untuk menurunkan tekanan mesin motor biar lebih mudah dinyalakan. Kemudian juga kita ada teknologi smart motor generator seperti di Fazzio atau Filano, ya," kata Suma.
Baca juga: Selisih Harga Rp700 Ribuan, Ini Perbedaan Honda Scoopy Varian Sporty dan Stylish
Penggunaan teknologi tersebut, lanjut Suma, membuat proses menyalakan mesin jadi lebih efisien. Sehingga bisa hanya mengandalkan dari aki saja, makanya motor yang tanpa dilengkapi engkol biasanya diberi fitur penunjuk tegangan arus aki.
"Kemudian dari aspek perawatan jadi lebih murah, soalnya konsumen tidak perlu lagi memikirkan biaya komponen engkol dan komponen penghubung lainnya. Ya, jadi mirip kayak punya mobil,” tuturnya.
Selain itu, hilangnya mekanisme engkol juga membuat mesin motor matik memiliki konstruksi yang kian ringkas dan lebih sederhana.
Adapun alasan lainnya, beberapa model motor kekinian kini sudah dilengkapi fitur voltmeter untuk memantau kesehatan aki. Adanya fitur tersebut akan mempermudah pengendara untuk mengetahui bagaimana kondisi terkini aki motor, apakah masih bagus atau sudah saatnya diganti.
Dengan mengganti aki sebelum benar-benar soak, maka pengendara bisa terhindar dari potensi aki mati yang menyebabkan motor tak bisa dihidupkan tanpa kickstarter.