Memahami Engine Brake Motor Serta Penggunaannya, Jangan Keliru!

momotor.id - Terdapat banyak cara untuk menurunkan kecepatan sepeda motor, terkadang menggunakan rem saja tidak cukup. Apalagi dalam kondisi yang darurat, namun pengendara harus mempelambat laju motornya dengan malus dalam jarak yang cukup pendek. 

Engine brake atau pengereman mesin adalah istilah yang sering ditemui dalam dunia sepeda motor. Peristiwa ini merupakan proses pengereman yang dilakukan dengan menggunakan mesin atau perpindahan gigi.

Engin Brake bekerja dengan mengubah energi kinetik kendaraan menjadi energi listrik, yang akhirnya memperlambat laju kendaraan. Pengereman mesin memiliki peran penting dalam menjaga keamanan, efisiensi bahan bakar, dan umur mesin sepeda motor, biasanya dilakukan saat kendaraan meluncur tanpa menginjak tuas rem.

Penggunaan engine brake tidak diperkenakan untuk sering dilakukan, sehingga hanya digunakan pada kondisi tertentu saja. Hal ini bertujuan agar kondisi dan keawetan komponen mesin tetap terjaga. Karena pada mesin gear ratio sangat rawan rusak, yang salah satu penyebabnya adalah menggunakan engine brake secara ekstrim. 

Baca Juga : Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Lebih Aman? Gini Kata Malingnya

Cara Engine Brake yang Aman

Engine Brake digunakan hanya untuk kondisi tertentu karena dapat memengaruhi keawetan mesin. Selain itu juga terdapat cara melakukan engine brake dengan aman dan benar. Berikut tata cara melakukan engine brake dengan benar. 

  1. Tutup Habis Gas

Ketika ingin melakukan engine brake, pengendara harus menutup habis gas sehingga suplai bahan bakar yang menuju keruang pembakaran berkurang sehingga putaran mesin akan turun. 

  1. Turunkan Gigi Secara Bertahap

Seketika tuas gas ditutup dan RPM turun secara perlahan, kita pindahkan posisi gigi ke posisi yang lebih rendah secara bertahap. Dilakukan secara bertahap bertujuan untuk menjaga komponen mesin.

  1. Jangan Buka Gas

Ketika menurunkan gigi secara bertahan dan engine brake terjadi, jangan membuka gas sepeda motor sehingga RPM slelau berada dalam posisi rendah. Hal ini penting karena agar tidak kontra dengan komponen di dalam mesin. 

Manfaat Engine Brake

Berikut adalah manfaat apabila kita menggunakan engine brake sesuai pada kondisinya dan melakukannya dengan benar. 

  1. Keamanan

Engine brake dapat membantu mengurangi kecepatan kendaraan tanpa harus langsung mengerem, sehingga menghindari gesekan berlebih pada rem dan potensi terkunci roda saat mengerem mendadak.

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Menggunakan engine brake saat turun bukit atau memperlambat kendaraan dapat membantu menghemat bahan bakar. Ketika Anda menurunkan gigi, mesin akan berputar lebih cepat, yang memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit daripada jika hanya mengandalkan rem.

  1. Umur Mesin

Penggunaan engine brake yang bijak dapat membantu mengurangi beban pada sistem rem, sehingga memperpanjang umur komponen rem. Selain itu, perpindahan gigi yang tepat waktu juga dapat membantu menjaga kondisi mesin.

Dalam mengendarai sepeda motor, engine brake adalah alat yang bermanfaat untuk menjaga keamanan dan efisiensi. Namun, penting untuk menggunakan teknik ini dengan bijak dan memahami bagaimana kendaraan meresponsnya.

Baca Juga : Begini Skema DP dan Cicilan Vespa GTS 150 Tahun 2023, Cicilan Mulai 2 Jutaan

Berikut ulasan mengenai cara memahani Engine Brake serta cara penggunannya dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah informasi anda dalam dunia otomotif, khususnya sepeda motor. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle.

Cara Engine Brake Engine Brake Info Otomotif Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas