momotor.id - Kampas ganda yang sudah aus memang membuat performa motor menjadi kurang optimal. Salah satu efeknya yakni timbul bunyi 'gredek' pada bagian CVT saat hendak berakselerasi.
Beberapa pemilik motor mungkin ada yang menunda penggantian komponen kampas ganda meski sudah aus karena persoalan biaya. Ongkos ganti kampas ganda ini memang relatif lebih mahal dibanding part lainnya. Umumnya komponen kampas ganda dibanderol ratusan ribu rupiah.
Namun jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, lama kelamaan juga akan membuat mangkoknya menjadi aus. Mangkok kampas ganda akan ikut termakan dan membuat biaya penggantian part menjadi lebih mahal. Padahal, kampas ganda sendiri bisa dibeli secara terpisah.
Efek negatif lainnya, per sentrifugal atau per kecil menjadi rawan patah. Dan jika motor sampai mogok ditambah per patah, maka biaya perawatannya menjadi semakin bengkak.
Sebagai informasi, kampas ganda merupakan dua unit kopling yakni kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder (terletak pada sebelah transmisi). Komponen pada motor matic ini berfungsi untuk menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang.
Baca juga: Daftar Motor Matic yang Bisa Pakai Kampas Ganda Yamaha NMax, Solusi Buat Obatin Penyakit Gredek
Selain bisa mengalami aus, kampas ganda juga bisa habis sebelah karena berbagai penyebab. Misalnya karena sering membawa beban berat yang melebihi kapasitas angkut motor.
Penyebab lainnya, bisa karena sering melewati jalan macet, jalanan menanjak, dan menahan gas ketika motor sedang berhenti.