Efek Buruk Keseringan Pakai Standar Samping Pas Parkir Motor, Apalagi Sambil Didudukin: Bisa Ngerusak Komponen Ini

momotor.id - Standar samping merupakan fitur yang membantu pengguna menjadi lebih praktis ketika ingin memarkirkan motor. Namun, keseringan memakai standar samping ketika parkir juga tidak baik untuk motor, apalagi sambil didudukin.

Standar samping lebih sering digunakan karena lebih mudah penerapannya dibanding standar tengah. Menggunakan standar samping cukup menggunakan satu kaki. Sedangkan standar tengah, perlu sedikit effort karena harus mengangkat body motor sehingga butuh ekstra tenaga.

Idealnya, standar samping ini digunakan bila motor parkir dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya saat parkir di minimarket atau parkir di suatu tempat yang aktivitasnya tidak terlalu lama di sana.

Bila standar samping digunakan terlalu sering, ada dampaknya dalam jangka panjang. Efek negatif keseringan menggunakan standar samping saat motor parkir yakni menyebabkan suspensi sisi kiri lebih berat. Hal ini berpotensi merusak shock breaker lantaran terlalu sering menumpu pada satu sisi.

Hindari juga menduduki motor dengan posisi standar samping karena bisa mempengaruhi kekuatan dari shock breaker itu sendiri. Kualitas ban juga bisa menurun bila keseringan menggunakan standar samping saat parkir.

Ini karena ban depan maupun ban belakang hanya akan condong ke satu sisi dan harus menahan bobot berlebih. Alhasil ban motor bisa lebih cepat gundul.

Sebisa mungkin, gunakan standar tengah bila tengah memarkir motor. Penggunaan standar tengah bisa membuat posisi motor lebih stabil karena ada dua kaki yang menopang motor di permukaan jalan.

Baca juga: Penyebab Transmisi Motor Kopling Berasa Keras Pas Mau Pindah Gigi ke Netral, Biasanya Gara-gara Ini

Adapun perawatan standar motor baik standar samping maupun tengah cukup mudah. Pemilik motor sebaiknya mencuci bagian ini setelah digunakan melewati jalanan yang becek atau kotor.

Gunakan juga antikarat dan semprotkan pada per agar tak mudah korosi. Lumasi juga bagian as agar standar tak seret ketika digunakan.

parkir motor Standar Samping standar tengah

Rekomendasi Motor Bekas