Cuaca Panas Banget Gak Ujan-ujan, Ternyata Bikin Motor Jadi Haus Oli

momotor.id - Teriknya cuaca belakang ini yang tak kunjung turun hujan di beberapa wilayah ternyata juga berpengaruh pada konsumsi oli sepeda motor. Apa dampak cuaca panas pada oli motor ?

Kondisi suhu ekstrem seperti cuaca panas yang terus menerus, ternyata juga berpengaruh pada masa pakai oli motor. Cuaca panas ini membuat usia pakai oli menjadi lebih singkat.

Normalnya, maka pakai oli sekitar 2.000 km. Namun angka tersebut menjadi lebih rendah karena cuaca panas. Apalagi jika motor menjadi kendaraan yang rutin digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Cuaca panas yang begitu intens ternyata mengakibatkan oli motor cepat menguap. Bila seharusnya sekitar 2.000 km baru ganti, maka sekitar 1.000 km sudah harus ganti oli akibat cuaca panas yang terus menerus.

Cuaca panas yang mengakibatkan motor menjadi haus oli ini juga tak lepas dari faktor lain yakni intensitas pemakaian motor yang cukup tinggi.

Misalnya pada ojek online yang sehar-harinya menempuh jarak sekitar 100 km, maka motornya menjadi cepat haus oli saat cuaca panas seperti saat ini.

Bila menghadapi situasi seperti ini, solusinya cukup ganti oli. Selain itu, pemilik motor juga dianjurkan untuk melakukan service rutin setiap 2.000 km sekali.

Baca juga: Cara Membedakan Oli Palsu dan Asli, Perhatikan Ini Selain Soal Harga

Adapun faktor lain yang membuat motor bisa lebih cepat melakukan penggantian oli selain cuaca terik berkepanjangan adalah kerap terjebak kemacetan sepanjang perjalanan.

Kemacetan selama perjalanan, apalagi jika dialami setiap hari, akan mempengarui usia pemakaian oli motor. Siklus ganti oli pada motor menjadi lebih cepat meski belum menyentuh batas jarak tempuh standar atau mencapai minimal pergantian bulan.

Penyebab mengapa motor yang sering terjebak kemacetan harus mengganti oli lebih cepat lantaran usia oli menjadi lebih singkat. Hal ini karena mesin akan bekerja keras namun motor dalam keadaan idle atau stasioner ketika macet.

Dengan begitu, penggunaan oli di mesin juga akan sangat meningkat. Bila kondisi olinya sudah tak bagus, motor yang sering kena macet juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti akselerasi tersendat, tarikan terasa berat, hingga mesin yang menggelitik.

cuaca panas Ganti Oli Ganti Oli Motor Motor

Rekomendasi Motor Bekas