Empat Perlengkapan Sepeda Motor yang Sebaiknya Ada di Bawah Jok

momotor.id - Ketika berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya ada beberapa perlengkapan yang selalu dibawa. Perlengkapan ini cukup penting jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak terduga selama dalam perjalanan.

Setidaknya ada empat benda yang menjadi perlengkapan wajib ketika mengendarai sepeda motor. Apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir situs Astra Motor.

Kunci busi

Kunci busi punya peran penting jika motor mengalami masalah. Bahkan, banyak mekanik yang menyarankan untuk tetap menaruhnya di jok motor jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Ketika masih berada dalam perjalanan dan secara mendadak motor tidak bisa menyala, kunci busi di jok motor ini bisa menjadi alat untuk mengganti busi lama dengan busi cadangan atau busi baru.

Jika tak membaca kunci busi, maka pengendara motor mungkin perlu mendorong motornya ke bengkel terdekat untuk mengganti busi jika problem motor memang di komponen tersebut. Tentu agak melelahkan jika harus mendorong motor ke bengkel terdekat, itu sebabnya sebaiknya kunci busi sebaiknya tetap dibawa dan disimpan di bagasi motor.

Obeng

Benda ini termasuka alat yang bisa membantu jika sewaktu-waktu motor mengalami masalah di tengah perjalanan. Sesuai dengan kebutuhan dan juga jenis motornya, umumnya pabrik sudah menyertakan sebuah obeng dalam pembelian motor baru. Fungsinya tentu saja untuk membantu mengencangkan atau membuka baut. Jika ada komponen yang bermasalah, pengendara motor bisa memeriksa komponen tersebut dengan membuka lebih dulu baut-baut di sekitarnya.

Baca juga: Langkah-langkah Membersihkan Bagian Visor Supaya Helm Tidak Klebes

Kanebo

Benda lain yang biasanya ada di dalam jok motor adalah lap PVA atau sering dikenal dengan nama lap kanebo. Ketika hujan turun saat motor diparkir, pengendara motor bisa memanfaatkan lap kanebo untuk mengeringkan jok motor sebelum dinaiki. Selain itu, lap kanebo juga bisa digunakan untuk megelap area stang agar tidak terlalu licin setelah terkena air.

Lap kanebo juga dapat membantu membersihkan area di sekitar shockbreaker, agar kotoran tidak merusak sel dari suspensi motor. Lap ini harganya cukup terjangkau, sehingga bisa menggantinya jika memang sudah tidak layak untuk digunakan.

Jas Hujan Kanebo Kunci Busi Obeng Perlengkapan Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas