momotor.id - Sistem kemudi pada motor terdiri dari beberapa komponen. Deretan komponen ini perlu dicek kondisinya secara berkala agar pengalaman berkendara tidak terganggu.
Ketika sistem kemudi bermasalah, motor menjadi kurang nyaman dikendarai karena lebih sulit dikendalikan. Risiko besarnya, bisa sampai menimbulkan kecelakaan.
Sistem kemudi berfungsi mengendalikan arah sepeda motor agar berjalan sesuai keinginan pengendara. Tenaga pengendara untuk mengendalikan arah diteruskan ke roda melewati batang kemudi serta garpu depan.
Jari-jari lingkaran yang dihasilkan kemudi sepeda motor ditentukan besar kecilnya sudut belok dari setang. Bisa juga ditentukan dari sudut kemiringan motor ketika berbelok.
Selain berfungsi mengendalikan arah motor, sistem kemudi juga berguna untuk menyokong setang dan garpu depan. Sistem kemudia juga berguna sebagai penerima guncangan melalui garpu depan.
Dan fungsi lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan sepeda motor. Agar sistem kemudi bekerja optimal, komponen yang mendukungnya juga perlu dipastikan tidak bermasalah.
Sistem kemudi motor terdiri dari beberapa komponen. Berikut penjelasan selengkapnya.
Tangkai kemudi
Tangkai kemudi atau juga disebut handlebar, merupakan komponen sistem kemudi yang memiliki peran besar sebagai pegangan pengemudi ketika mengendalikan kendaraan.
Pemasangannya ada di jembatan garpu atas dan diikat oleh dudukan tangkai kemudi. Perannya adalah sebagai dudukan lampu depan, kaca spion, tuas kopling, rem depan dan holder saklar. Jenisnya ada dua yaitu tipe Pressed Steel dan tipe Tubular.
Jembatan garpu sisi atas
Khusus sepeda motor dengan suspensi telescopic terdapat komponen jembatan garpu atas atau penyambung. Fungsinya adalah sebagai pemegang garpu dan dudukan tangkai kemudi.
Jembatan garpu sisi atas ini akan berfungsi sebagai dudukan tangkai kemudi yang menyambungkan dengan poros kemudi.
Pencapit tangkai kemudi
Fungsinya untuk mengikat tangkai kemudi dengan jembatan garpu sisi atas serta pemegang tangkai kemudi.
Poros kemudi
Disebut juga sebagai steering stem steering stem dan berfungsi menyambungkan antara kemudi, roda depan, garpu depan dan kepala kerangka.
Baca juga: Roda Depan Motor Bergoyang, Kenali Beberapa Ciri Laher Motor Mengalami Kerusakan
Peluru bantalan, mur penyetel, cincin dudukan bola peluru atas dan bawah
Empat komponen ini bekerja sebagai dudukan poros kemudi serta kepala kerangka. Kelancaran pergerakan bola peluru pada dudukannya bisa memberikan pengaruh pada enteng tidaknya kemudi.
Seal penutup
Fungsinya sebagai penahan debu, air, dan kotoran lain yang masuk ke bantalan peluru agar tidak mudah aus dan macet.