momotor.id - Beberapa pemilik motor matic mungkin ada yang belum tahu bahwa CVT motor matic juga bisa overheat. Lantas, bagaimana mengatasinya bila tiba-tiba mengalami kejadian tersebut?
CVT motor matic yang overheat biasanya terjadi karena tak rutin mendapat perawatan dan kerap dipaksa melalui medan berat. Penyebab komponen CVT overheat karena kampas kopling ganda maticnya sudah habis atau terbakar.
Menurut Kepala Mekanik Yamaha Harapan Juanda, Hindayat, kampas ini fungsinya menyalurkan tenaga mesin hingga roda. Karena bebannya berat, akhirnya selip dan hangus.
Kampas ganda punya dua komponen yaitu kopling sentrifugal yang berada di poros engkol atau kopling primer. Fungsinya memutuskan atau menghubungkan mesin dengan transmisi saat putaran rpm berada di posisi rendah dan tinggi.
Kedua adalah kopling sekunder yang berada di samping transmisi. Fungsinya memutus putaran mesin saat terjadi perpindahan gigi.
Kalau kampas kopling ganda dibiarkan habis, komponen lainnya seperti V-Belt bisa gampang selip sehingga tenaga makin loyo. Ini bisa mengakibatkan biaya perbaikan semakin meningkat.
"Kalau sudah keluar asap, komponen kampas ganda yang ada kaya ampelasnya itu sudah habis sehingga itu besi ketemu besi akhirnya terkikis. Kalau sampai mogok, berarti kerusakannya sudah sangat parah. Selain beban, perawatan yang enggak rutin bisa bikin overheat juga," jelasnya.
Baca juga: Patokan Memilih Ukuran Helm Biar Gak Kekecilan atau Kebesaran: Cek Lingkar Kepala
Kalau sudah begini, pemilik perlu membawanya ke bengkel. "Motor masih bisa digunakan kalau untuk ke bengkel meski tenaganya kurang. Tunggu terlebih dahulu sampai dingin sekitar setengah jam aja," katanya.
Selain overheat, kampas kopling ganda yang rusak juga bisa membuat konsumsi bahan bakar boros. Akselerasinya pun akan terasa kurang.
"Kampas kopling ini perlu diganti kalau mencapai pemakaian 24 ribu kilometer. Kalau untuk pengecekan, setiap tahun harus dua kali cek atau setiap 8 ribu kilometer harus dicek. Ini untuk dilakukan pembersihan pada bagian CVT-nya agar performa motor jadi lebih bagus," ucapnya.
Kampas kopling ganda sendiri dibanderol dengan harga di atas Rp 100 ribu. "Kalau servis CVT biasa berkisar Rp80 ribu atau Rp100 ribu tergantung jenis motornya apa dan bagaimana," ujarnya.