Motor yang Bakal Turun Mesin Biasanya Menunjukkan Gejala Seperti Ini

momotor.id - Ketika sebuah motor dinyatakan harus turun mesin, maka pemiliknya harus siap merogoh kocek lumayan dalam. Hal ini karena biaya perbaikan ketika turun mesin tidaklah sedikit.

Itu sebabnya, banyak pemilik sepeda motor berusaha lebih memperhatikan kendaraannya jika terjadi kerusakan agar tak semakin parah dan terhindar dari turun mesin. Motor yang berpotensi turun mesin pun sebenarnya memperlihatkan beberapa ciri-ciri. Jika menemukan gejala seperti ini, ada baiknya segera dilakukan perbaikan. Berikut ciri-ciri selengkapnya.

Asap putih dari knalpot

Ciri pertama adalah munculnya asap putih dari knalpot, terutama jika motor yang digunakan adalah motor 4 tak. Asap putih yang muncul dari knalpot dapat menandakan bahwa terdapat oli yang ikut terbakar dalam proses pembakaran. Jika tidak diatasi sesegera mungkin, bisa jadi ada komponen ikut yang terbakar.

Motor sulit dinyalakan

Sebuah kendaraan jika sulit dinyalakan biasanya dipicu oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah oli ikut naik dan masuk ke dalam proses pembakaran. Jika oli mengenai bagian busi, ini akan membuat motor sulit dinyalakan. Akibatnya jika tidak segera ditangani, turun mesin menjadi satu-satunya solusi untuk mengatasinya.

Performa motor berkurang

Ciri selanjutnya adalah motor juga mengalami penurunan performa. Motor terasa tidak bertenaga saat digunakan berkendara di jalan raya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh ring seher maupun mesin yang sudah aus maupun usang.

Suara mesin kasar

Gejala selanjutnya adalah bisa ditengarai lewat suara mesin motor. Apabila suara mesin berbeda dari biasanya seperti sedikit kasar, ini menjadi suatu pertanda ada masalah di dalam mesin. Maka dari itu perlunya untuk memeriksa kendaraan secara berkala.

Baca juga: Bearing Motor Sudah Oblak Sebaiknya Segera Ganti Supaya Tak Jadi Begini

Adapun biaya servis berat atau turun mesin motor ini berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp1,5 juta. Harga tersebut ditentukan oleh tingkat kerusakan dan penggantian part pada mesin yang telah rusak.

Biaya Turun Mesin Info Otomotif Motor Turun Mesin Turun Mesin

Rekomendasi Motor Bekas