" " Mengetahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis, Jangan Keliru " "

Mengetahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis, Jangan Keliru

momotor.id - Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor memiliki beragam jenis dan tipe, salah satunya motor kopling. Motor kopling tentunya memiliki beberapa komponen spesifik yang berfungsi untuk menungjang kinerja agar memberikan performa yang prima. Salah satu komponen tersebut adalah kampas kopling. 

Kampas kopling memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan, yaitu berfungsi sebagai pemutus dan penyalur tenaga putaran mesin dari poros engkol, atau sederhananya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi. Sehingga apabila kampas kopling habis maka tenaga yang disalurkan tidak maksimal. 

Seperti komponen mesin lainnya, setiap benda memiliki ketahanan dan usai pakai. Dalam buku pedoman milik kendaraan kampas kompling disarankan untuk dilakukan pemeriksaan setiap 12.000km atau 12 bulan.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan performa mesin dan mengetahui kondisi dari kampas kopling. Apakah kampas kopling sudah mulai habis atau masih dalam kondisi yang baik. Karena gaya berkendara sangat memengaruhi umur dari kampas kopling. 

Ketika kondisi kampas kopling mulai menipis atau sudah aus, hal tersebut akan menimbulkan beberapa gejala atau ciri-ciri yang dapat dirasakan langsung oleh pengendara sepeda motor. Berikut ciri-ciri kampas kopling sepeda motor sudah habis. 

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Engine Break Motor Kopling ketika Melintasi Jalan Menurun

Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Ketika kampas kopling sepeda motor sudah habis pengendara dapat merasakan perbedaan hal tersebut, karena memang komponen ini sangat memengaruhi kenyamanan berkendara. Sehingga mengetahui ciri-ciri kampas kopling motor sudah habis sangat penting agar ketika berkendara tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

1. Akselerasi Mesin Melemah

Ketika kampas kopling sudah aus atau habis tenaga yang disalurkan dari mesin tidak akan tersalur secara maksimal.Hal ini menyebabkan mesin motor terasa tidak responsif di setiap posisi gear. Tenaga motor akan jauh terasa tidak bertenaga saat berada di putaran mesin awal.

Hal ini dapat diibarkan dengan kecepatan. Apabila ketika kampas kopling masih tebal kita dapat menempuh kecepatan 100km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Sedangkan jika kampas kopling motor yang sudah habis dapat membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 100km/jam.

2. Selip Kopling

Kampas kopling yang sudah aus atau habis dapat menyebabkan sulitnya perpindahan transmisi sehingga sering mengalami selip. Contohnya ketika kita sulit memindahkan gigi ke posisi netral, hal ini dapat menjadi salah satu indikasi kampas kopling sudah habis atau aus. 

Hal lainnya yang dapat kita rasakan yaitu ketika ingin melakukan perpindahan gear entah ingin akselerasi maupun deselarsi sering mengalami selip atau mesin kehilamgan tenaga. Hal ini terjadi karena berkurangnya daya cengkram kampas pada alat gesek. 

3. Mesin Cepat Panas

Tidak dapat dihindari apabila kampas kopling motor sudah mulai habis maka mesin akan terasa cepat mudah panas. Hal ini terjadi karena hilangnya daya cengkram kampas pada alat gesek sehingga membuat kedua komponen ini lebih sering bergesekan dan menimbulkan panas. 

Selain itu, panas juga dapat ditimbulkan oleh mesin yang bekerja di RPM tinggi. Contohnya ketika sepeda motor dalam kondisi normal hanya dengan 5000RPM untuk mencapai kecepatan 100km/jam sedangkan ketika kampas kopling aus, mesin harus berputar di angka 8000RPM untuk mencapai kecepatan yang sama.

4. Mesin Kasar Ketika Kecepatan Tinggi

Ketika melakukan akselerasi tinggi mesin akan terasa sangat kasar. Hal ini disebabkan oleh kampas kopling yang sudah benar-benar habis dan hanya menyisakan plat saja. Apabila tidak segera diganti hal ini akan membahayakan komponen lainnya yang berpotensi menjadi rusak. Biasanya komponen yang rusak yaitu fly wheel karena bergesekan langsung dengan plat kampas kopling. 

5. Perpindahan Gigi Sulit

Perpindahan gigi yang sulit menjadi salah satu ciri-ciri bahwa kampas kopling sudah habis atau aus. Karena kampas kopling yang sudah habis membuat perpindahan perseneling ketika penambahan gigi sedikit lebih sulit. Hal untuk menyiasati hal ini dapat dengan memainkan gas ketika berganti gigi, atau mengganti kampas kopling. 

6. Tarikan Awal Tidak Responsif

Tarikan awal sepeda motor yang tidak responsif menjadi salah satu gejala bahwa kampas kopling sudah mulai habis maupun aus. Biasanya tarikan akan terasa berat maupun telat ketika kita menarik tuas dan selang beberapa detik baru motor bergerak maju.

Apabila salah satu dari gejala diatas sudah mulai dirasakan ketika anda berkendara dengan sepeda motor kesayangan anda. Alangkah baiknya dengan segera melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel terdekat.

Baca Juga : AHM Segarkan Honda CBR150R Bikin Tampilan Makin Agresif, Apa Saja yang Berubah?

Berikut penjelasan terkai mengetahui ciri-ciri kampas kopling yang sudah habis maupun ais, semoga dengan adanya ulasan ini dapat meningkatkan wawasan anda dalam dunia otomotif.

Info Otomotif Kampas Kopling Kampas Kopling Habis Tips and Trick Tips Otomotif

Mengetahui Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis, Jangan Keliru

momotor.id - Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor memiliki beragam jenis dan tipe, salah satunya motor kopling. Motor kopling tentunya memiliki beberapa komponen spesifik yang berfungsi untuk menungjang kinerja agar memberikan performa yang prima. Salah satu komponen tersebut adalah kampas kopling. 

Kampas kopling memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan, yaitu berfungsi sebagai pemutus dan penyalur tenaga putaran mesin dari poros engkol, atau sederhananya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi. Sehingga apabila kampas kopling habis maka tenaga yang disalurkan tidak maksimal. 

Seperti komponen mesin lainnya, setiap benda memiliki ketahanan dan usai pakai. Dalam buku pedoman milik kendaraan kampas kompling disarankan untuk dilakukan pemeriksaan setiap 12.000km atau 12 bulan.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan performa mesin dan mengetahui kondisi dari kampas kopling. Apakah kampas kopling sudah mulai habis atau masih dalam kondisi yang baik. Karena gaya berkendara sangat memengaruhi umur dari kampas kopling. 

Ketika kondisi kampas kopling mulai menipis atau sudah aus, hal tersebut akan menimbulkan beberapa gejala atau ciri-ciri yang dapat dirasakan langsung oleh pengendara sepeda motor. Berikut ciri-ciri kampas kopling sepeda motor sudah habis. 

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Engine Break Motor Kopling ketika Melintasi Jalan Menurun

Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Ketika kampas kopling sepeda motor sudah habis pengendara dapat merasakan perbedaan hal tersebut, karena memang komponen ini sangat memengaruhi kenyamanan berkendara. Sehingga mengetahui ciri-ciri kampas kopling motor sudah habis sangat penting agar ketika berkendara tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.

1. Akselerasi Mesin Melemah

Ketika kampas kopling sudah aus atau habis tenaga yang disalurkan dari mesin tidak akan tersalur secara maksimal.Hal ini menyebabkan mesin motor terasa tidak responsif di setiap posisi gear. Tenaga motor akan jauh terasa tidak bertenaga saat berada di putaran mesin awal.

Hal ini dapat diibarkan dengan kecepatan. Apabila ketika kampas kopling masih tebal kita dapat menempuh kecepatan 100km/jam hanya dalam waktu 10 detik. Sedangkan jika kampas kopling motor yang sudah habis dapat membutuhkan waktu 15 detik untuk mencapai 100km/jam.

2. Selip Kopling

Kampas kopling yang sudah aus atau habis dapat menyebabkan sulitnya perpindahan transmisi sehingga sering mengalami selip. Contohnya ketika kita sulit memindahkan gigi ke posisi netral, hal ini dapat menjadi salah satu indikasi kampas kopling sudah habis atau aus. 

Hal lainnya yang dapat kita rasakan yaitu ketika ingin melakukan perpindahan gear entah ingin akselerasi maupun deselarsi sering mengalami selip atau mesin kehilamgan tenaga. Hal ini terjadi karena berkurangnya daya cengkram kampas pada alat gesek. 

3. Mesin Cepat Panas

Tidak dapat dihindari apabila kampas kopling motor sudah mulai habis maka mesin akan terasa cepat mudah panas. Hal ini terjadi karena hilangnya daya cengkram kampas pada alat gesek sehingga membuat kedua komponen ini lebih sering bergesekan dan menimbulkan panas. 

Selain itu, panas juga dapat ditimbulkan oleh mesin yang bekerja di RPM tinggi. Contohnya ketika sepeda motor dalam kondisi normal hanya dengan 5000RPM untuk mencapai kecepatan 100km/jam sedangkan ketika kampas kopling aus, mesin harus berputar di angka 8000RPM untuk mencapai kecepatan yang sama.

4. Mesin Kasar Ketika Kecepatan Tinggi

Ketika melakukan akselerasi tinggi mesin akan terasa sangat kasar. Hal ini disebabkan oleh kampas kopling yang sudah benar-benar habis dan hanya menyisakan plat saja. Apabila tidak segera diganti hal ini akan membahayakan komponen lainnya yang berpotensi menjadi rusak. Biasanya komponen yang rusak yaitu fly wheel karena bergesekan langsung dengan plat kampas kopling. 

5. Perpindahan Gigi Sulit

Perpindahan gigi yang sulit menjadi salah satu ciri-ciri bahwa kampas kopling sudah habis atau aus. Karena kampas kopling yang sudah habis membuat perpindahan perseneling ketika penambahan gigi sedikit lebih sulit. Hal untuk menyiasati hal ini dapat dengan memainkan gas ketika berganti gigi, atau mengganti kampas kopling. 

6. Tarikan Awal Tidak Responsif

Tarikan awal sepeda motor yang tidak responsif menjadi salah satu gejala bahwa kampas kopling sudah mulai habis maupun aus. Biasanya tarikan akan terasa berat maupun telat ketika kita menarik tuas dan selang beberapa detik baru motor bergerak maju.

Apabila salah satu dari gejala diatas sudah mulai dirasakan ketika anda berkendara dengan sepeda motor kesayangan anda. Alangkah baiknya dengan segera melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel terdekat.

Baca Juga : AHM Segarkan Honda CBR150R Bikin Tampilan Makin Agresif, Apa Saja yang Berubah?

Berikut penjelasan terkai mengetahui ciri-ciri kampas kopling yang sudah habis maupun ais, semoga dengan adanya ulasan ini dapat meningkatkan wawasan anda dalam dunia otomotif.

Info Otomotif Kampas Kopling Kampas Kopling Habis Tips and Trick Tips Otomotif