momotor.id - Kampas ganda pada motor berperan sebagai penyalur dan pemutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang secara sentifugal. Seiring usia pemakaian, kampas ganda lama-kelamaan akan aus dan bisa dikenali lewat ciri berikut.
Boleh dibilang, kampas ganda pada motor matic berfungsi seperti kampas kopling pada motor bebek yang fungsinya menyalurkan tenaga agar motor bisa bergerak.
Fungsi lainnya adalah menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Ketika kampas ganda aus, mesin hanya meraung tanpa mengeluarkan tenaga saat RPM tinggi.
Kampas ganda motor matic juga berfungsi meningkatkan kontrol saat melakukan perpindahan gigi sekaligus mengamankan transmisi dari kerusakan akibat perpindahan yang tidak tepat.
Bila kampas ganda mulai aus, ada beberapa ciri yang bisa dirasakan oleh pengendara motor. Berikut ciri-ciri kampas ganda motor mulai aus.
Tarikan Motor Terasa Berat
Jika Anda merasa motor Anda mulai terasa berat saat membawa beban, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda mulai aus. Kondisi ini menyebabkan akselerasi motor menjadi lemah. Secara umum, kampas ganda pada motor matic yang masih dalam kondisi baik hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk mencapai kecepatan 120 km/jam.
Gas Tersendat-sendat
Gas yang terasa tersendat bisa menjadi indikasi bahwa kampas ganda pada motor Anda mulai aus. Ketika motor dipacu, kampas ganda yang aus membuat tuas gas dan putaran mesin (RPM) tidak seimbang, sehingga menimbulkan suara yang berat dan akselerasi yang tidak sesuai dengan putaran gas.
Baca juga: Risiko Sering Membiarkan Tangki Bensin Motor Injeksi dalam Kondisi ‘Sekarat’
Kopling Sering Slip
Kampas ganda yang bermasalah seringkali menyebabkan kopling slip, terutama ketika motor dipacu dengan cepat atau saat menaiki tanjakan yang curam. Namun, kopling yang slip juga bisa disebabkan oleh oli mesin yang sudah lama tidak diganti, yang berakibat pada keausan yang lebih cepat.
RPM Tiba-tiba Meningkat
Apabila RPM motor Anda tiba-tiba meningkat tanpa diikuti akselerasi yang signifikan, hal ini bisa disebabkan oleh kampas ganda yang mulai licin. Misalnya, pada kecepatan 50 km/jam, seharusnya membutuhkan sekitar 5.000 RPM. Tetapi jika kampas mulai aus, mesin mungkin memerlukan hingga 8.000 RPM untuk mencapai kecepatan yang sama.
Kick Starter Tidak Berfungsi Optimal
Saat menyalakan motor matic, disarankan untuk menggunakan kick starter agar sistem kelistrikan motor tetap terjaga. Jika saat menekan kick starter terasa seperti tidak ada beban atau "loss," maka ini bisa menjadi tanda bahwa kampas motor matic mulai aus.