Bukan Dipencet, Begini Cara yang Tepat Mengukur Tekanan Udara Ban Motor

momotor.id - Kondisi ban merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor. Contoh perawatan ban bisa misalnya rutin memeriksa tekanan udara pada ban motor tersebut.

Menurut Technical Warranty & Education Yamaha Madiun-Kediri, Panca, salah satu cara merawat ban adalah dengan memastikan ukuran tekanan udara ban motor dalam kondisi tepat. Sayangnya, mayoritas pengendara kurang memperhatikan ketika mengecek tekanan angin ban motor. Dengan menjaga tekanan udara pada ban, usia pakainya jadi lebih panjang dibandingkan ban yang tidak terawat. Selain itu, berkendara juga jadi lebih nyaman dan aman.

"Cara paling umum dengan menekan ban pakai tangan. Jika ban terasa empuk saat dipencet berarti masih butuh tambahan angin, kalau sudah keras maka dianggap cukup. Padahal, cara mengukur tekanan angin ban seperti itu kurang tepat," ujar Panca dalam keterangan resminya.

Menurut Panca, tekanan udara pada ban seharusnya disesuaikan dengan standar kebutuhan berkendara sehari-hari penggunanya. Cara yang paling benar dalam mengecek tekanan udara adalah menggunakan alat pengukur khusus.

Alat pemeriksa tekanan udara ini relatif murah dan tersedia di sejumlah toko online, sehingga mudah dimiliki. Pengukur tekanan udara untuk memeriksa kondisi ban motor ini baiknya jadi perlengkapan wajib tiap kendaraan karena cukup vital.

Baca juga: Cara Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis

Adapun untuk menjaga tekanan udara pada ban tetap stabil, sebaiknya gunakan nitrogen. Nitrogen memiliki stabilitas yang jauh lebih baik dibanding udara biasa. "Tekanan udara ban motor yang diisi nitrogen tidak akan banyak berubah meski suhu sedang naik, baik karena cuaca maupun penggunaan di atas aspal," kata Panca.

Panca menambahkan, penggunaan nitrogen juga dapat membuat ban lebih awet, terutama untuk tipe ban tubeless. Ukuran tekanan ban harus disesuaikan dengan standarnya untuk kebutuhan sehari-hari, para pengendara dapat mengatur tekanan ban yaitu ban depan 29 PSI, ban belakang 33 PSI.

ban motor Cara cek tekanan udara ban motor tekanan udara ban motor tips perawatan motor

Rekomendasi Motor Bekas