Tips Cara Merawat Knalpot Motor Biar Awet, Jangan Sampai Salah

momotor.id - Seperti yang sudah diketahui, knalpot merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang memiliki peran penting dalam pembuangan gas emisi hasil pembakaran pada mesin. Apabila knalpot bermasalah maka pembuangan gas emisi akan terganggu dan tidak maksimal.

Oleh karena itu knalpot harus diberikan perhatian lebih, karena apabila komponen ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, dapat memengaruhi pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang akhirnya nanti tidak maksimal, sehingga nanti akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros, serta motor kurang bertenaga.

Selain itu knalpot juga memiliki peran penting untuk meredam suara bising yang dihasilkan oleh mesin ketika melakukan pembakaran, apabila knalpot bermasalah maka suara dari knalpot akan menjadi lebih besari dari biasanya, hal tersebut dapat menganggu pengendara dan orang sekitar. Hal ini semua dapat dicegah dengan cara merawat knalpot motor kita. 

Karena sebagai pengendara sepeda motor, sudah sewajarnya mengetahui tentang cara merawat knalpot motor dengan tujuan agar knalpot menjadi lebih awet dan kualitas yang diberikan oleh knalpot menjadi lebih prima dan terjaga. Berikut tips cara merawat knalpot agar menjadi awet.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Ngebul Mengeluarkan Asap Serta Solusinya

Tips Merawat Knalpot Motor

Knalpot sepeda motor yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan masalah pada pembakaran, hal ini akan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak maksimal, sehingga penggunaan bahan bakar tidak maksimal. Simak penjelasan berikut mengenai cara merawat knalpot motor.

1. Membersihkan Knalpot Setelah Kehujanan

Ketika musim penghujan, kita sebagai pengendara motor harus lebih ekstra hati-hati, mulai dari berkendara hingga melakukan perawatan pada motor, salah satunya pada knalpot. Air hujan yang mengering pada knalpot motor, dapat menyebabkan kerak. 

Selain itu dikarenakan polusi udara sehingga air hujan mengandung kadar asam yang lumayan tinggi sehingga dapat menyebabkan karat pada sepeda motor. Hal ini sangat memakan usia dari kanlpot, oleh karena itu kita dapat mencegahnya dengan cara membersihkan dan mengeringkan knalpot dari air hujan.

2. Membilas Knalpot Selepas dari Pantai

Sudah diketahui air pantai mengandung garam yang dapat membuat knalpot kita mengalami korosi atau berkarat, walaupun tidak terkena secara langsung namun hembusan ombak dari pantai sedikit demi sedikit membuat knalpot kita basah. Oleh karena itu kita harus membersihkan knalpot motor kita apabila sehabis dari pantai untuk mencegah korosi pada knalpot motor.

3. Memanaskan Mesin Secukupnya

Hal lain yang dapat kita lakukan untuk merawat knalpot dengan cara memanaskan mesin motor secukupnya saja. Karena dengan memanaskan mesin dapat mengoptimalkan mesin dan membuat mesin kita tidak dingin apalagi untuk kendaraan yang jarang digunakan.

Perawatan ini dilakukan jangan terlalu lama, karena memanaskan mesin dalam waktu yang lama dapat berdampak buruk pada mesin. Karena berdasarkan beberapa pengujian memanaskan mesin yang terlalu lama, dapat membuat knalpot menjadi kuning. Oleh karena itu kita hanya perlu memanaskan secukupnya.

4. Perhatikan Bahan Dasar Knalpot

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat knalpot motor berbeda-beda, setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu dari bahan tersebut cara perawatan nya juga berbeda-beda contohnya knalpot dengan bahan chrome mudah sekali lecet, sehingga untuk membersihkannya harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati.

Apabila sepeda motor anda menggunakan knalpot berbahan dasar chrome dan terdapat noda yang membandel di knalpot, hal ini dapat dibersihkan dengan menggunakan oli bekas, namun kita harus memastikan oli bekas yang kita gunakan berkualitas baik, agar mendapatkana hasil yang maksimal.

5. Membersihkan Lubang Buang Knalpot

Selanjutnya kita dapat membersihkan lubang buang knalpot pada silencer. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan oli dan mengoleskan secukupnya, hingga bersih. Cara ini dapat kita lakukan setiap dua bulan sekali. 

Hal ini dapat mencegah knalpot mengalami kebocoran dan menjadi keropos pada bagian silencer maupun leher knapot, karena apabila terjadi kebocoran pada knalpot dapat membuat knalpot bersuara buruk, motor tidak bertenaga dan mengeluarkan gas emisi yang tidak ramah lingkungan. 

Baca Juga : Empat Keunggulan Menggunakan Knalpot Motor Standar Pabrikan, Nomor Empat Jarang yang Tau

6. Membersihkan Penyebab Korosi

Penyebab korosi pada knalpot dapat kita bersihkan cukup dengan menggunakan sikat yang masih bagus dan kuat. Hal ini juga dapat dibantu dengan cairan detergen yang dioleskan pada bagian knalpot yang kotor atau berkarat. Lalu kita hanya perlu menyikat bagian tersebut dengan sekuat tenaga. 

Apabila kotoran pada knalpot tersebut sangat sulit menghilang, maka dapat menggunakan cairan pembersih karat yang biasa dijual di toko besi. Namun untuk menggunakan cairan ini kita harus berhati-hati menggunakannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Membersihkan Leher Knalpot

Selanjutnya kita dapat membersihkan leher pada knalpot dengan bantuan oli. Oli bersih kita oleskan pada bagian leher knalpot secara merata. Perawatan ini dapata dilakukan apabila pipa knalpot sudah dibersihkan. 

Apabila oli sudah dioleskan secara menyeluruh pada bagian leher knalpot, selanjutnya kita dapat menghidupkan meisn motor kurang lebih dua menit. Agar oli tersebut akan terserap dan leher knalpot menjadi lebih bersih akibat mengelupasnya oli. 

8. Memeriksa Adanya Kebocoran

Memeriksa apakah adanya kebocoran pada knalpot merupakan salah satu cara merawat knalpot yang dapat kita lakukan. Kita dapat memeriksa kebocoran ini dengan cara memeriksa baut di sekeliling knalpot. Selalu pastikan baut yang terpasang sudah kencang dan tidak ada yang lepas. Pengecekan ini harus dilakukan secara berkala mencegah masalah-masalah yang tidak kita inginkan.

9. Memeriksa Sambungan Knalpot

Selanjutnya kita dapat mengecek apakah terjadi kebocoran pada sambungan knalpot, serti memeriksa kencang atau tidaknya baut yang menyangga knalpot. Apabila knalpot tidak tersambung dengan sempurna maka dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang boros sertua suara yang bising dari knalpot. 

10. Membersihkan Percikan Aspal

Menggunakan sepeda motor di jalan raya dapat menyebabkan percikan aspal yang menempel pada knalpot. Hal ini ditandai dengan adanya bercak hitam pada knalpot. Apabila mengalami hal ini kita dapat membersihkannya dengan menggunakan cairan bensin yang baru sebagai alat bantu. 

Cairan bensin dicampurkan dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2, setelah dicampur kita dapat mengoleskannya pada bercak hitam di knalpot. Bercak hitam akibat aspal akan menghilang secara otomatis.

11. Memeriksa Lubang Pembuangan Air

Hal terakhir yang dapat kita lakukan untuk merawat knalpot motor adalah dengan memeriksa lubang pembuangan air. Lubang ini terletak pada bagian bawah silencer dan ada di setiap knalpot motor. Kita harus memastikan apakah lubang ini tersumbat atau tidak. 

Apabila terjadi penyumbatan kita harus segera membersihkannya, karena jika pembuangan air ini lancar maka knalpot kita akan terhindar dari korosi. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun sangat penting untuk kita ketahui.

Baca Juga : Tak Hanya Penyalur Gas Buang, Knalpot Sepeda Motor Ternyata Punya Fungsi Lain Loh

Berikut penjelasan secara singkat mengenai tips cara merawat knalpot motor agar awet. Hal ini sangat penting bagi kit sebagai pengendara karena kita harus merawat kendaraan yang kita gunakan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat meningkatkan pengetahuan anda dalam dunia otomotif.

Info Otomotif Knalpot Motor Perawatan Knalpot Motor Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas