Ternaya Begini Cara Merawat Jok Motor Biar Awet, Jangan Keliru

momotor.id - Sudah seharusnya setiap kendaraan disertai dengan jok, komponen ini memiliki fungsi untuk memberikan tempat duduk bagi kita sebagai pengendara maupun penumpang. Semakin bagus jok motor yang kita gunakan tentunya akan menghadirkan tingkat kenyamanan yang lebih.

Memiliki sepeda motor yang jok nya bersih, mengkilap dan matching dengan sepeda motor sudah pasti menjadi impian untuk setiap pengguna kendaraan. Namun sebagai pengendara terkadang kita lupa untuk merawat komponen ini sehingga lama kelamaan warna jok motor menjadi pudar dan tidak jarang berlubang di beberapa bagian. 

Jok motor terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bahan dasar yang digunakan, seperti kulit sintetis, kulit asli atau calp spon. Dari semua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya kulit jok bawaan pabrik dapat bertahan 3 sampai 4 tahun. 

Kerusakan pada jok motor biasanya terjadi pada bagian kulitnya. Apabila bagian kulit yang robek tetap dibiarkan, maka bagian tersebut akan menjadi lebih besar, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain yaitu pada busa jok. Busa jok yang terkena air akan mengakibatkan bau yang tidak enak dan dapat merusak bagian dalamnya.

Setelah kita mengetahui bahwa jok motor memberikan kontribusi yang cukup besar dalam hal kenyamanan berkendara. Sudah seharusnya kita sebagai pengendara sepeda motor mengetahui cara merawat jok motor agar lebih awet dan tentunya dapat memberikan kita kenyamanan dalam berkendara.

Baca Juga : Daftar Barang-barang yang ‘Haram’ Disimpan di Bawah Bagasi Jok Motor

Tips Merawat Jok Motor

Oleh karena itu sebagai pengendara sepeda motor, kita harus mengetahui cara merawat jok motor. Merawat jok motor tidak terlalu sulit seperti merawat komponen lain. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat jok motor. 

1. Hindari Jok Motor dari Sinar Matahari

Terkadang kita sebagai pengendara lupa untuk memarkirkan sepeda motor di tempat yang teduh, selain itu juga terkadang parkiran yang disediakan juga tidak teduh. Hal ini menyebabkan jok motor terkena sinar matahari secara langsung, sehingga jok motor mengalami kepanasan.

Walaupun terlihat sepele, namun hal ini dapat mengakibatkan jok motor dan cat pada sepeda motor lama kelamaan menjadi lebih cepat pudar dan warnya berubah menjadi lebih kusam. Namun apabila kita terpaksa harus parkir ditempat yang terkena sinar matahari, alangkah baiknya kita menutupi jok motor dengan cover.

2. Memerhatikan Muatan Jok Motor

Kita harus memastikan bahwa muatan yang kita dibawa diatas jok tidak mengakibatkan kerusakan pada jok motor. Maksud dari memerhatikan muatan bukan dari beban yang akan kita angkat namun tekstur benda yang akan kita bawa. 

Apabila kita terpaksa untuk membawa benda dengan tekstur kasar atau tajam yang dapat merusak jok motor, alangkah baiknya kita melapisi terlebih dahulu jok motor dengan kardus atau bahan yang sedikit tebal untuk melindungi jok motor dari tekstur kasar tersebut. 

3. Membersihkan Noda di Jok Motor

Walaupun kita sudah berhati-hati untuk menjaga kebersihan jok motor, terkadang ada saja hal yang tidak dapat kita duga yang dapat menyebabkan noda bandel pada jok motor, seperti terkena lem, getah, bekas stiker dll. 

Untuk membersihkan noda bandel pada jok motor cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan kain bersih yang memiliki tekstur lembut, lalu kita menyiapkan lotion. Cara membersihkan noda tersebut dengan cara mengoleskan lotion pada kain lalu gosokkan pada noda di jok motor, hingga noda tersebut hilang.

4. Rutin Mencuci Jok Motor

Sepeda motor yang jok nya sering dicuci sudah pasti lebih awet daripada jok motor yang jarang dicuci. Untuk mencuci jok motor disarankan untuk menggunakan cairan pembersih atau shampoo khsusu jok motor agar lebih mengkilap.

Ketika kita mencuci jok motor pastikan menggunkan lap yang halus jangan menggunakan sikat karena dapat merusak tekstur dari jok motor. Selain itu jangan menggunakan semir ban untuk jok motor karena membuat kondisi jok motor menjadi buruk.

5. Memerhatikan Jok Ketika Cuci di Steam

Ketika sepeda motor kita di cuci di steam motor, kita harus memberitahu petugas, agar tidak terlalu menyemprot bagian jok dengan air bertekanan tinggi. Hal ini dilakukan agar tidak membuat jok motor rusak karena tekanan air yang terlalu tinggi.

Baca Juga : Cara Membuka Jok Motor Honda Vario: Putar Dulu Tuas Kunci ke Bagian Ini Biar Tombol SEAT Gak Keras Pas Dipencet

Berikut penjelasan secara singkat mengenai tips cara merawat jok motor agar lebih awet. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda dalam merawat jok motor dan dapat meningkatkan wawasan anda dalam dunia otomotif.

Info Otomotif jok motor Merawat Jok Motor Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas