Tips Merawat Motor Injeksi, Lakukan Hal Berikut

momotor.id - Motor injeksi memiliki perbedaan dibanding motor yang masih memakai karburator. Motor injeksi dibekali komponen injektor yang berfungsi mengubah bensin menjadi partikel kabut. Cara merawat injektor motor ini sebenarnya tidak sulit. Pemilik motor bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Cara merawat injektor motor yang pertama adalah gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Upayakan bensin di tangki motor agar tak sering kosong. Jika tangki bahan bakar sering kosong dan berisi udara, akibatnya akan ada uap air yang bercampur dengan bensin.

Hal tersebut mengakibatkan sistem injeksi pada sepeda motor lebih cepat rusak. Jika terlalu banyak air yang terhisap oleh fuel pump, mesin motor akan tersendar dan bisa langsung mogok lantaran dihisap adalah air dan bukan bensin.

Tips berikutnya dalam rangka merawat motor injeksi adalah rutin membersihkan injektor. Setiap 3.000 kilometer, sistem injeksi dibersihkan dengan carbon cleaner. Kemudian setiap 10.000 kilometer, sistem injeksi dibersihkan menggunakan injektor cleaner.

Membersihkan injektor menggunakan carbon cleaner paling mudah dilakukan. Caranya cukup menuangkan cairan carbon cleaner ke tangki supaya tercampur bahan bakar. Kelebihan metode ini yakni mampu mengurangi endapan karbon di injektor, juga membersihkan intake dan ruang bakar.

Baca juga: Jangan Lupa Bro, Ini Nih Komponen Motor yang Wajib Diganti Secara Berkala

Sedangkan membersihkan injektor dengan metode injector tester & cleaner agak sedikit rumit dan butuh waktu. Hal ini karena injektor motor harus dilepas dulu. Selanjutnya, di atas mesin injector tester & cleaner, Injektor mensimulasikan semprotan bensin sesuai tekanan standar. Kalau debit semprotan berkurang, berarti injektor kotor dan ada sumbatan pada hole.

Supaya terlihat perbedaannya, semprotan injektor yang kotor dibandingkan dengan semprotan injektor yang bersih. Jika sudah ketahuan kotor, injektor bisa dibersihkan langsung, dengan cara merendamnya di cairan pembersih. Agar terlihat hasilnya, akan dilakukan kembali simulasi penyemprotan injektor di mesin injector tester & cleaner.

cara merawat injektor motor motor injeksi tips mesin motor

Rekomendasi Motor Bekas