Cara Menguras Oli Mesin Motor yang Tercampur Air

momotor.id - Ketika musim hujan, pengendara sepeda motor perlu ekstra hati-hati. Terutama ketika melewati jalanan yang tergenang air. Jika memaksakan menerobos genangan air yang cukup tinggi, ada potensi air ikut masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli. Lalu, bagaimana cara menguras oli mesin motor yang tercampur air?

Jika keberadaan air yang tercampur dengan oli mesin ini terus dibiarkan, komponen mesin bisa rusak dan mesin bisa rontok. Akhirnya, pemilik motor harus mengeluarkan biaya ekstra untuk servis. Pemilik motor sebenarnya bisa mengetahui apakah oli mesin sudah tercampur air atau belum.

Oli mesin yang sudah tercampur dengan air biasanya berwarna putih atau terlihat seperti warna kopi susu. Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Nurudin, menjelaskan indikasi oli kemasukan air biasanya sangat sering terjadi ketika musim hujan dan banjir, sehingga pemilik motor disarankan untuk berhati-hati.

"Kalau indikasinya putih, harus segera diganti dan itu nggak boleh langsung dipakai," jelasnya seperti dilansir kumparan. Meskipun disarankan untuk dibongkar supaya lebih aman, Nurudin punya trik mudah ketika menguras oli yang sudah tercampur air sehingga pengurasan oli tersebut menjadi lebih maksimal.

Cara menguras oli mesin motor yang tercampur air bisa dimulai dengan menyisihkan sedikit oli supaya komponen mesin tidak rusak. Selanjutnya dari satu botol oli, isi sepertiga atau setengah dari botol tersebut. "Kita hidupkan mesinnya, cukup dalam kondisi stasioner aja nggak perlu digas, katakanlah dari 5 sampai 10 menit, baru dikuras lagi," tutur Nurudin.

Nantinya, oli yang baru tersebut otomatis akan tercampur dengan sisa-sisa oli yang sudah dikuras sebelumnya. Nah, setelah itu lihat apakah masih ada indikasi warna putih pada oli.

Baca juga: Manasin Motor Injeksi Tak Perlu Kelamaan, Maksimal 2 Menit

Nurudin melanjutkan, biasanya untuk pertama kali masih akan tersisa warna cenderung putih. Ia menyarankan untuk mengisi sisa oli dari botol tersebut dengan metode yang sama, motor dihidupkan tidak perlu digas selama 5 menit. "Setelah itu, dikuras lagi dan pastikan kalau indikasi putih-putihnya itu sudah hilang, kemudian baru diisikan dengan oli yang baru," jelasnya.

Sumber gambar: YouTube Mas Andung
Keterangan gambar: Ilustrasi ganti oli motor

Menguras Oli Mesin Oli Mesin Oli Mesin Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas