Cara Menghitamkan Dek Motor yang Mulai Kusam, Gunakan Ini Supaya Kembali Hitam Ganteng

momotor.id - Pada motor matic, bagian yang kerap menjadi kusam seiring waktu pemakaian adalah bagian dek. Warna yang kusam membuat eksterior motor menjadi kurang sedap dipandang. Agar warna kembali seperti baru, sebenarnya ada beberapa cara menghitamkan dek motor yang bisa dicoba.

Cara menghitamkan dek motor yang sudah kusam bisa menggunakan beberapa bahan. Mulai dari menggunakan minyak kayu putih hingga semir sepatu. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kompon

Cara pertama yakni menggunakan kompon, baik yang berbentuk gel maupun pasta. Untuk mengaplikasikannya, kompon bisa dioleskan pada body motor dan gosok perlahan secara memutar menggunakan kain kering lembut. Ulangi beberapa kali dan lihat hasilnya.

Minyak kayu putih

Sebelum dioleskan minyak kayu putih, bersihkan dulu body motor yang hendak dihitamkan. Kemudian, oleskan minyak kayu putih pada bagian body motor dengan menggosok perlahan menggunakan kain lembut. Sebagai informasi, minyak kayu putih memiliki kandungan yang bisa mengangkat kotoran serta membuat warna cat motor kembali kinclong. Selain minyak kayu putih, bisa juga menggunakan baby oil.

Beeswax

Beeswax merupakan produk kecantikan yang biasanya digunakan untuk merawat kulit. Namun, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat body motor. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Oleskan beeswax ke body motor dengan menggosok memakai kain halus. Lakukan secara merata untuk hasil yang maksimal.

Semir sepatu

Cara menghitamkan dek motor yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan semir sepatu. Pengaplikasiannya hampir sama dengan yang lainnya. Cuci bersih terlebih dahulu body motor yang hendak dihitamkan sampai kering. Kemudian, oleskan semir sepatu pada body motor secara perlahan dan merata. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel agar mendapat hasil yang maksimal.

Cairan penghitam body motor

Cara selanjutnya yakni menggunakan cairan khusus penghitam body motor. Terdapat beberapa segala jenis merk yang tersedia. Penggunaannya tetap sama, yaitu mengoleskan secara perlahan menggunakan kain halus.

Jangan gunakan kain kasar yang dapat merusak body motor. Oh ya, ada juga cairan penghitam yang didesain dengan cara disemprot. Jadi, cukup menyemprotkan cairan tersebut ke bagian body motor yang akan dihitamkan.

Cairan trim restorer

Selain semir sepatu, terdapat produk yang hampir sama yaitu cairan pigmen penghitam khusus untuk plastic. Bedanya, cairan ini memiliki memiliki tekstur yang lebih pekat dan lebih hitam dari pada semir sepatu.

Cairan ini banyak dijual di toko online khusus aksesoris motor. Pengaplikasiannya juga sama dengan semir sepatu, cukup dengan mengoleskannya secara perlahan dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.

Baca juga: Tips Perawatan Ban Motor Supaya Lebih Awet, Lakukan Beberapa Tips Berikut

Adapun guna menjaga warna dek motor tak cepat pudar, pemilik motor bisa melapisinya menggunakan skotlet. Skotlet bisa digunakan full body atau pada bagian tertentu saja. Tips lainnya, usahakan parkir motor di tempat teduh yang tak terkena langsung sinar matahari, dan jangan mencuci motor menggunakan detergen. Jangan lupa untuk mencuci motor secara berkala menggunakan sabun khusus untuk cat motor.

Dek Motor Dek Motor Kusam Menghitamkan Dek Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas