Ternyata Begini, Cara Menghidupkan Motor Aerox Tanpa Remote

momotor.id - Zaman sekarang sudah marak sepeda motor yang menggunakan teknologi keyless untuk menyalakan mesinnya. Seperti dengan namanya, tekonologi ini merupakan fitur kunci tanpa menggunakan anak kunci secara fisik, yang perlu dimasukkan ke lubang kunci untuk mematikan atau menyalakan sepeda motor kita.

Teknologi ini sudah diaplikasikan pada sepeda motor Aerox terbaru yaitu Yamaha Aerox 155vva versi S. Aerox terbaru ini sudah diberikan teknologi terbaru dari yamaha yaitu Smart Key System (SKS) yang memiliki lebih banyak kelebihan dari sebelumnya, berikut penjelasan mengenai system terbaru dari yamaha.

Teknologi Smart Key System 

Perkembangan zaman menuntut Yamaha untuk selalu berkembang mengikuti zaman dan terus berinovasi memberikan inovasi terbaik mereka yang menjawab permasalahan publik dibidang otomotif. Salah satunya adalah dengan menyematkan Smart Key System pada motor matic Aerox.

Teknologi ini memanjakan pengendara motor tanpa memasukkan anak kunci untuk menghidupkan mesin, mengunci stang motor, membuka jok dan membuka tangki bahan bakar. Selain itu sistem ini juga dilengkap dengan fitur answer back untuk mengetahui letak motor dimana apabila ada di tempat parkir, dan fitur immobilizer yang bertujuan untuk melindungi dari tindak pencurian. 

Namun segala kelebihan dari sebuah sistem pasti memiliki kekurangan. Kekurangan dari Smart Key System ini adalah apabila kunci yang kita bawa itu hilang atau jatuh di jalan yang kita tidak tahu jatuhnya dimana. Tapi untuk hal tersebut ada solusi yang bisa kita lakukan apabila hal ini terjadi pada motor kita.

Baca Juga : Arti Lampu Indikator di Honda ADV 160, Termasuk Simbol Huruf T Dicoret

Tanda Pada Motor Apabila Kunci Jatuh

Apabila kunci motor kita jatuh ketika berkendara, yamaha telah memikirkan hal ini dengan cara memberikan fitur pada speedometer apabila kunci kita jatuh dijalan. Berikut fitur yang muncul pada speedometer.

  • Lampu indikator bergambar kunci pada speedometer kita secara otomatis akan menyala apabila perbedaan jarak lebih dari 20 meter antara posisi remote dengan motor yang kita kendarai. Lalu hal itu akan diikuti dengan bunyi suara alarm. Hal ini bisa terjadi ketika kondisi motor masih bisa kita kendarai atau posisi mesin masih hidup.
  • Apabila perbedaan jarak sudah melewati 1 kilometer, maka lampu indikator akan mati dan tidak akan berbunyi alarm lagi.
  • Oleh karena itu sebaiknya ketika lampu indikator menyala dan ada suara alarm, sebaiknya kita segera balik arah dan mencari remote kita.
  • Penting juga harus kita ingat, ketika kita kehilangan remote dan posisi mesin motor sedang menyala, mesin motor jangan sampai mati. Kalaupun itu terpaksa harus mati, jangan sampai sebelum 30 detik setelah mesin mati kita harus menghidupkan lagi. Karena apabila sudah mati maka mesin motor kita akan terkunci dengan sendirinya.

Cara Menghidupkan Motor Aerox Tanpa Remote

Apabila ketika kita kehilangan remote atau remote ketika kita berkendara dan tidak dapat menemukan kembali remote tersebut, jangan panik, karena yamaha sudah memberikan fitur untuk menyalakan motor aerox tanpa harus menggunakan remote. 

Hal ini biasanya dlakukan apabila dalam keadaan darurat, karena apabila kita masih mempunyai kunci cadangan di rumah kita alangkah lebih baiknya menggunakan itu terlebih dahulu, baru menggunakan cara ini. Berikut langkah-langkah menghidupkan motor aerox tanpa remote.

  1. Pertama-tama kita harus mengingat pin 6 angka yang diberikan bersaman dengan keyless dan kunci cadangan ketika awal membeli Yamah Aerox 155 VVA versi S.
  2. Dalam posisi off, tekan dan tahan knob (tombol kontak kunci) lalu hingga muncul blink (kedipan) indikator lampu tanda keyless.
  3. Ulangi langkah kedua sebanyak 3 kali. Tekan dan tahan knob pada percobaan ketiga akan muncul blink yang lebih lama yaitu sekitar 3 detik. Menandakan kode PIN siap dimasukan.
  4. Apabila pin kita 123456. Cara memasukan angka PIN dengan cara menekan knob dan menghitung blink yang muncul. Jadi kita harus fokus dan berhati-hati.
  5. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 1 kali, kemudian lepas.
  6. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 2 kali, kemudian lepas.
  7. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 3 kali, kemudian lepas.
  8. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 4 kali, kemudian lepas.
  9. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 5 kali, kemudian lepas.
  10. Tekan dan tahan knob hingga muncul blink 6 kali, kemudian lepas.
  11. Apabila pin yang kita masukan sudah benar maka akan terdengan bunyi selenoid (suplai power untuk menyalakan kunci kontak) dan simbol keyless menyala.
  12. Selanjutnya kita putar posisi ke ON untuk menyalakan mesin mauapun buka dan tangki BBM.
  13. Apabila PIN salah maka akan ada blink yang lebih cepat. Sehingga kita harus mengulang langkah dari awal lagi.

Apabila proses yang kita lakukan diatas berjalan dengan lancar, maka akan memakan waktu sekitar 2-3 menit saja. Lalu motor akan menyala dalam posisi on sehingga dapat kita starter seperti biasa dan dapat kita gunakan.

Baca Juga : Cara Merawat Remote Keyless Motor Supaya Lebih Awet

Demikian ulasan dari artikel ini yang membahas bagaimana cara menghidupkan motor aerox tanpa harus menggunakan remote, yaitu menggunakan pin. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan manfaat dan menambah informasi anda dalam dunia otomotif.

Info Otomotif Remote Hilang Remote Keyless Tips and Trick Yamah Aerox

Rekomendasi Motor Bekas