momotor.id - Pada motor matic, oli gardan diperlukan untuk melumasi bagian bagian transmisi. Ketika sudah waktunya ganti, cara mengganti oli gardan ini pun cukup mudah dan bisa dilakukan secara mandiri.
Interval penggantian oli gardan pada motor matic memang lebih lama dibandingkan dengan oli mesin. Namun tetap saja, komponen ini tetap perlu diganti secara berkala.
Pada motor matic, tingkat kekentalan oli gardan berkisar antara SAE 140 atau SAE 90. Seiring usia pemakaian, maka tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi.
Bila ini terjadi, hal tersebut merupakan pertanda bahwa oli gardan motor matic habis dan harus segera diganti.
Jika oli gardan yang sudah tak layak pakai terus dipaksakan, maka akan timbul sejumlah efek negatif. Misalnya, muncul suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Letak box CVT itu sendiri ada di gardan atau roda belakang motor matic.
Suara yang ditimbulkan seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat berisik sampai terdengar suara kletek-kletek saat motor dikendarai.
Munculnya suara bising ini dikarenakan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai encer.
Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis gesekan yang terjadi antar komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antar komponen gear inilah yang akhirnya memunculkan suara bising.
Ditambah adanya kotoran yang berasal dari logam yang telah bersirkulasi bersama dengan oli. Kondisi yang demikian pada komponen gardan motor matic mengakibatkan permukaan logam menjadi lebih cepat aus.
Baca juga: Perlukah Ganti Oli Gardan Setiap Kali Ganti Oli Mesin Motor? Sebenarnya Sih…
Jika diabaikan, dampaknya bisa membuat beberapa komponen pada motor matic seperti gear ratio menjadi rentan aus sehingga usia pakainya pun ikut menurun.
Akhirnya, biaya perbaikan kendaraan menjadi berkali lipat lebih besar dibandingkan dengan biaya penggantian oli pelumas gardan motor matic.
Lalu, bagaimana cara mengganti oli gardan pada motor matic? Langkah-langkahnya cukup sederhana. Berikut penjelasannya.
- Parkirkan motor matic pada permukaan datar dan dalam kondisi standar tengah
- Pastikan motor matic sudah dalam kondisi dingin
- Cari lokasi pembuangan oli gardan, umumnya terletak di sekitar bagian tengah motor atau roda belakang
- Buka tutup oli gardan umumnya berbentuk seperti ulir atau penutup karet
- Biarkan oli lama keluar hingga habis
- Tutup lagi bagian pembuangan oli gardan
- Isi oli gardan melalui lubang pengisian sesuai batas level yang telah ditentukan pada indikator level oli
- Hindari mengisi oli gardan terlalu penuh karena bisa membuatnya keluar dari gardan pada saat motor matic digunakan
- Tutup kembali lubang pengisian oli gardan dan pastikan dalam kondisi rapat
Adapun harga oli gardan motor relatif terjangkau. Kisaran harganya antara Rp10 ribu hingga Rp20 ribuan.
Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!