momotor.id - Sebelum memikirkan cara mengatasi fuel pump lemah, lebih baik mengetahui dulu apa saja ciri-ciri bila komponen ini mulai terganggu kinerjanya.
Pasalnya, cara mengatasi fuel pump yang sudah lemah biasanya hanya dengan mengganti part yang bersangkutan. Nah, sebelum fuel pump benar-benar mati total, pemilik motor perlu mengetahui apa saja ciri bila komponen ini sudah tak maksimal kinerjanya.
Sebagai informasi, fuel pump yang melemah dapat menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah. Alhasil bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal. Dan pastinya pembakaran tak akan bisa optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu sendiri.
Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ciri-ciri fuel pump motor yang mulai melemah.
Motor sulit dinyalakan
Pemilik motor perlu curiga jika motor injeksinya sulit dihidupkan. Salah satu sebabnya bisa karena fuel pump tak bekerja semestinya hingga harus memencet eletric starter berkali-kali.
Dalam kondisi normal, motor injeksi akan langsung menyala ketika electric starter ditekan. Hal ini karena didukung fuel pump yang memompa bensin secara otomatis saat kontak motor dalam posisi ON.
Itu sebabnya, bisa motor tak bisa menyala dalam sekali pencet electric starter, maka fuel pump perlu menjadi komponen yang harus diperiksa.
Suara dengungan menjadi pelan
Saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Pemilik motor perlu curiga ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya. Bisa jadi memang fuel pump motor sedang bermasalah dan sedang dalam kondisi lemah.
Bila sudah mendapati kondisi tersebut, segera bawa ke bengkel resmi untuk memastikan keadaannya. Jangan sampai membawanya ke bengkel saat fuel pump sudah tidak berfungsi lagi. Bisa–bisa kerusakan yang ada malah merembet kemana-mana.
Lampu indikator berkedip
Pertanda yang paling jelas adalah adanya kedipan pada check engine lamp. Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai kedua gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas bahwa fuel pump perlu diservis.
Di bengkel resmi, biasanya fuel pump akan langsung dites dengan menggunakan alat bernama full pressure gauge. Dengan menggunakan alat ini, tekanan yang dihasilkan oleh fuel pump akan langsung terbaca.
Baca juga: Mengenal Lima Komponen Kelistrikan yang Cukup Vital, Motor Bisa Mandek Kalo yang Ini Rusak
Sebagai informasi, cukup jarang yang menjual spare part fuel pump secara ketengan. Kebanyakan fuel pump dijual satu paket yaitu motor pompa, IC control, fuel level gauge dan saringan. Harganya sendiri juga lumayan mahal, bisa sampai Rp800 ribuan.
Namun bila menemukan bengkel yang menjual fuel pump secara ketengan, pastikan memang komponen itu asli. Karena bila mengoplos spare part seadanya malah akan menimbulkan masalah pada motor dan akan menimbulkan masalah baru.