Begini Cara Membuka Bagasi Nmax Terbaru, Jangan Sampai Keliru

momotor.id - Membuka jok atau bagasi pada sepeda motor Nmax sebenarnya tidak sulit, namun memang ada cara tersendiri untuk membukanya karena sudah menggunakan teknologi keyless yang membuat berbeda dari generasi yang lama karena masih belum keyless.

Yamaha memberikan teknologi terbaru mereka pada Nmax terbaru dengan menggunakan teknologi Smart Key System, yang membuat proses untuk menghidupkan motor, buka tutup jok dan tangki bahan bakar seluruhnya hanya perlu menggunakan kenop dan tombol.

Sebelum kita membahas lebih lanjut cara membuka bagasi nmax yang terbaru, kita akan membahas terlebih dahulu cara membuka bagasi untuk Nmax Old atau Nmax yang keluaran lama yang masih belum menggunakan Smart Key System.

Cara Membuka Bagasi Pada Old Nmax

Untuk keluaran Nmax yang lama, yang masih menggunakan kunci kontak fisik dan masih belum keyless, biasanya keluaran 2018 kebawah. Cara membuka bagasinya masih menggunakan kunci fisik yang dilakukan di rumah kunci.

Caranya adalah pertama kita harus memasukan kunci fisiknya ke rumah kunci, lalu apabila sudah masuk, kita gerakan kunci itu ke arah kiri hingga sampai ujung, apabila kita sudah merasakan ada gaya balik dari pegas maka bagasi akan terbuka.

Baca Juga : Simak Langkah-Langkah Reset Oli Trip Pada NMAX yang Benar

Cara Membuka Bagasi Pada All New Nmax

Pada Yamaha All New Nmax yang pastinya sudah dilengkapi dengan inovasi ABS/Connected dan sudah menggunakan Smart Key System sudah pastinya semuanya semakin canggih. Selain itu bagasi pada All New Max ini cukup leluasa.

Cara untuk membuka bagasi pada Nmax terbaru cukup dengan menekan tombol seat pada rumah kunci, namun dengan syarat kunci harus diarahkan ke posisi “On” baru selanjutnya kita menekan tombol “Seat”, maka jok akan terbuka, sementara apabila kita menekan tombol “Fuel” maka akan membuka tutup tangki bensin.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pasti terdapat kelemahan dari teknologi tersebut. Seperti aki pada motor harus tetap hidup agar motor dapat dinyalakan, apabila aki nya mati atau lemas maka otomatis remote keyless tidak akan berfungsi.

Selain permasalahan aki, keyless Nmax juga sering kali tertinggal didalam jok bahkan hilang ketika kita sedang dalam perjalanan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal ini pasti sudah dipikirkan oleh pihak Yamaha, sehingga kita hanya perlu mengikutir prosedur yang sudah diberikan untuk membuka bagasi apabila dalam keadaan urgent.

Cara Membuka Bagasi Nmax Tanpa Remote Keyless 

Ketika kita serah terima motor Nmax terbaru pasti kita diberikan kunci darurat selain remote keyless, yang memiliki fungsi agar dapat membuka bagasi apabila kunci utama hilang ataupun tertinggal didalam bagasi, berikut langkah-langkah untuk membuka bagasi dengan kunci darurat.

1. Siapkan Anak Kunci Darurat

Setiap pembelian unit All New Yamaha Nmax, pasti pembeli diberikan anak kunci tambahan yaitu anak kunci darurat. Anda perlu menyiapkan kunci darurat terlebih dahulu sebelum dapat membuka jok motor secara manual. Agar dapat memudahkan anda, sebaiknya anda memposisikan motor anda dalam keadaan standar dua.

2. Mencari Letak Slot Kunci Darurat

Slot kunci darurat All New Yamaha Nmax ini berada di bawah jok bagian belakang motor, atau lebih tepatnya berada di dekat penempatan shockbreaker sisi kanan atas.

3. Lepaskan Karet Pelindung Kunci

Setelah kita mengetahui posisi slot kunci darurat pada All New Yamaha Nmax yang berada di bawah jok belakang. Kita harus melepas karet pelindung kunci ini yang bertujuan untuk menghindari slot kunci dari segalam macam kotoran. Sehingga kita harus membukanya terlebih dahulu.

4. Masukan Kunci dan Putar

Setelah kita membuka karet pelindungnya, maka kita bisa memasukkan kunci lalu putar kunci secara perlahan hingga jok motor dapat terbuka.

5. Selesai

Setelah semua langkah-langkah diatas kita lakukan, maka proses untuk membuka bagasi Nmax menggunakan kunci darurat sudah berhasil dengan baik. Selain itu pastikan anda menutup kembali karet pelindung pada bagian slot kunci darurat agar terhindar dari kotoran.

Baca Juga : Perbedaan All New Yamaha NMax Versi Connected dan ABS, Mulai dari Fitur Sampai Harga

Berikut penjelasan secara singkat mengenai cara membuka bagasi motor pada Nmax keluaran lama, terbaru, hingga cara membuka bagasi menggunakan kunci darurat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi otomotif anda dan dapat bermanfaat.

Bagasi Jok Motor Info Otomotif Motor Yamaha Tips and Trick Tips Otomotif Yamaha Nmax

Rekomendasi Motor Bekas