Cara Membaca Kode Ban Pada Motor, Gak Bingung Lagi Pas Lihat Huruf dan Angka Ini

momotor.id - Mungkin belum semua orang memahami cara membaca kode ban motor. Pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara membaca kode tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tidak semua orang mengetahui arti kode produksi ban yang tertera di dinding ban. Padahal, ban merupakan satu-satunya komponen motor yang langsung menyentuh aspal. Karena itu, spesifikasi ban yang terpasang pada kendaraan harus sesuai dengan kebutuhan.

Selain bisa membaca di buku panduan, cara lain untuk mengetahui spesifikasi ban adalah dengan membaca arti kode ban. Hal ini penting agar tidak salah memilih ban dan ukurannya pas dengan velg motor. Selain itu, ukuran ban juga akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Cara membaca kode ban motor

Ada dua jenis kode ban motor, yakni metric dan imperial. Ulasan kali ini akan fokus kepada kode ban motor metric yang cukup banyak beredar di pasaran.

Misalnya, ban memiliki kode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 di depan menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter (mm), sedangkan angka 90 merupakan kode perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya, yang biasa disebut aspect ratio.

Kode M/C (Medium Compound) memberikan informasi tentang jenis ban yang digunakan. Angka 14 yang tertera menunjukan besar ring velg dalam ukuran inchi dan angka 41 menunjukan beban maksimal yang dianjurkan dalam load index. Jika dikonversi, ban tersebut mampu membawa beban maksimal 150 kilogram

Kemudian kode P, berguna untuk mengetahui kecepatan maksimal yang bisa ditanggung oleh ban. Pada speed index, ban berkode P didesain untuk menempuh kecepatan maksimal 150 km/jam. Setelah itu, ban juga memiliki kode angka, contohnya 2421. Angka itu menunjukkan bahwa ban diproduksi pada minggu ke 24 tahun 2021.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Motor Manual Pakai Oli Motor Matic? Bisa-bisa Kejadian Kayak Gini

Nah, itu dia cara membaca kode ban pada kendaraan roda duamu. Tak begitu sulit bukan? Bila ingin mengganti ban, perhatikan dulu kode yang tertera pada ban supaya ban yang dipilih memang sesuai peruntukannya sehingga motor tetap nyaman digunakan.

ban motor ganti ban Info Otomotif Kode Ban Motor spesifikasi ban

Rekomendasi Motor Bekas