Cara Kerja Turbo Pada Yamaha NMax Terbaru, Ada Komponen Ini yang Gantikan Peran Roller

momotor.id - Yamaha NMax terbaru 2024 memiliki varian Turbo yang berbeda dibanding varian Neo dan Neo S. Lantas, seperti apa cara kerja turbo pada Yamaha NMax tipe tersebut?

Selama ini, penyematan turbo identik dengan mesin yang dilengkapi sebuah turbin induksi paksa. Cara kerja turbo yakni dengan memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang sebelum kemudian dilepas ke udara melalui knalpot.

Namun pada Yamaha NMax terbaru, kata turbo di sini merujuk pada teknologi terbaru bernama Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

Pada YECVT ini, Yamaha menambahkan semacam modul motor listrik penggerak yang tersambung dengan primary pulley atau puli utama pada gearbox CVT. Fungsinya sebagai pengganti peran roller untuk mengatur rasio putaran puli utama.

Menurut Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Motor Manufacturing, modul motor listrik ini bisa memaksa puli utama berputar lebih cepat.

Ini berbeda dengan roller konvensional yang memanfaatkan gaya sentrifugal dan bukan elektrik. Hal lain yang membedakan, roller memiliki sifat menyusut seiring usia pakai sehingga ada periode penggantian.

Untuk mengatur putaran puli ini, bisa dilakukan melalui riding mode yang terdapat pada tombol sebelah kiri setang. Ada dua pilihan mode berkendara yakni T Mode dan S Mode.

T Mode untuk berkendara dalam kota alias commuting mode, dan S Mode untuk membantu akselerasi sehingga lebih terasa tenaga dan sensasi turbonya.

Baca juga: Mengenal Fitur Garmin Street Cross Pada Yamaha NMax Turbo Tech Max, Gini Cara Pakainya

Setiap riding mode ini juga bisa diatur tingkat levelnya menggunakan tombol Y-Shift. Ada tiga tingkatan yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Jadi, ini yang dimaksud teknologi Turbo pada Yamaha NMax terbaru yang mengaspal tahun 2024 ini.

Ada sejumlah benefit yang bisa didapatkan pengendara dengan memanfaatkan mode tersebut. Terutama jika pengendara merasa perlu tambahan tenaga ketika akan berakselerasi seperti menyalip kendaraan lain, melewati tanjakan, dan sebagainya. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai fungsi deselerasi ketika melalui jalan menurun.

puli pulley Roller turbo Yamaha Nmax

Rekomendasi Motor Bekas