Ternyata Begini Cara Kerja Mesin 4 Tak dalam Satu Siklus Pembakaran, Anak Motor Mesti Tau

momotor.id - Tak seperti motor dengan mesin 2 tak, motor bermesin 4 tak memiliki cara kerja yang berbeda. Perbedaan cara kerja ini akhirnya juga menghasilkan perbedaan tenaga yang disemburkan dan konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai informasi, kata 'tak' secara harfiah berasal dari bahasa Belanda yang artinya adalah stroke atau langkah. Penyebutan motor 2 tak atau 4 tak terletak pada jumlah langkah pada satu siklus pembakaran di mesin kendaraan tersebut.

Apabila dalam satu siklus pembakaran terdapat empat langkah, maka mesin tersebut adalah mesin 4 tak. Empat langkah yang dimaksud adalah hisap-kompresi-bakar-buang. Berikut penjelasan selengkapnya cara kerja mesin 4 tak seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.

Proses hisap

Langkah hisap mulai bekerja ketika katup hisap terbuka. Saat berada pada kondisi seperti ini, piston mengalami pergerakan ke bawah. Gerakan ke bawah ini akan membuat tekanan pada silinder menjadi rendah, alhasil udara dapat dan bahan bakar dapat masuk melalui lubang katup.

Setelah piston sudah berada pada titik mati bawah (TMB), silinder telah terisi campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi penyesuaian tekanan pada ruang silinder. Jika sudah sampai pada tahapan ini berikutnya akan masuk pada tahap kompresi.

Proses kompresi

Langkah kompresi dimulai dengan kondisi tutup katup yang tertutup. Setelahnya, piston akan beralih melakukan gerakan pada titik mati atas (TMA). Pada kondisi ini campuran bahan bakar dan udara di ruang silinder menjadi termampatkan.

Kondisi pemampatan ini juga akan mengakibatkan peningkatan suhu yang dikenal dengan pemanasan adiabatik. Bahkan capaian suhu yang bisa terjadi pada kondisi ini mencapai hingga ratusan derajat Celcius.

Proses bakar

Langkah kerja berikutnya pada motor 4 tak mulai terjadi saat pengapian menyalakan busi, tepatnya saat piston berada di titik TMA. Munculnya percikan api di busi mempengaruhi kondisi busi berupa terjadinya ledakan kecil pada silinder sehingga mendorong pergerakan piston dari TMA ke TMB.

Proses inilah yang biasa disebut dengan langkah kerja. Tenaga yang muncul dari langkah kerja ini selanjutnya akan berpindah proses menuju crankshaft melewati connecting rod.

Proses buang

Langkah terakhir pembakaran pada mesin 4 tak yaitu proses pembuangan. Langkah ini terjadi apabila piston telah berada di titik TMB. Saat piston berada di titik TMB maka katup buang akan terbuka, sekaligus piston akan bergerak ke TMA untuk memompa sisa gas pembakaran keluar katup buang.

Baca juga: Simulasi Cicilan Honda ADV 160: DP Mulai Rp3 Jutaan, Angsuran Rp1 Jutaan

Sedangkan jika menggunakan mesin 2 tak, proses dalam satu siklus pembakaran hanya terdapat 2 langkah saya. Pada kendaraan 2 tak proses hisap dan buang berlangsung bersamaan saat piston bergerak ke bawah.

Kemudian untuk proses kompresi dan bakar terjadi bersamaan ketika piston bergerak ke atas dan berbanding terbalik dengan langkah sebelumnya.

Info Otomotif mesin 2 tak Mesin 4 Tak Motor

Rekomendasi Motor Bekas