Ada Sebabnya Kenapa Motor Listrik Sebaiknya Jangan Dicuci Steam, Lebih Baik Pakai Selang Air Biasa

momotor.id - Tak semua kebiasaan pada motor konvesional bisa diterapkan pada motor listrik. Termasuk perilaku ketika mencucinya. Cuci motor listrik tak dianjurkan menggunakan pressure wash seperti yang dilakukan pada bengkel cuci steam.

Proses mencuci di bengkel steam biasanya menggunakan pompa bertekanan tinggi agar hasil pencucian lebih bagus dan merata dibanding menggunakan selang air biasa.

Bagi motor konvensional, mencuci dengan pressure wash tak ada masalah. Namun bagi motor listrik, hal ini cukup berisiko. Ini karena air yang disemprotkan menggunakan pressure wash memiliki tekanan yang terlalu tinggi sehingga bisa masuk ke celah-celah dinamo hub-drive di bagian roda.

Bila air sampai masuk ke BLDC alias dinamo, maka piringan di sekeliling kawat kumparan bisa karatan. Ini yang kemudian menyebabkan tarikan motor listrik menjadi ngadat.

Proses karatan itu sendiri bisa terjadi secara tiba-tiba. Tergantung akumulasi karat yang timbul di sekitar dinamo. Jika karat sudah menumpuk, satu-satunya penanganan yang bisa dilakukan adalah overhaul dinamo dan mengampelasnya secara manual.

Bagian ini pun harus dibongkar dulu agar bisa dikerok. Proses penanganannya pun mungkin cukup lama, tergantung banyaknya karat. Problem semacam ini biasanya ditemui pada motor listrik murah dengan banderol di bawah Rp10 juta.

Ini karena pada motor listrik murah tak ditambahkan seal alias penutup di sekitar ring dinamo. Karena cuma dibaut, air jadi bisa masuk. Sedangkan pada motor listrik rakitan lokal atau yang sudah menggunakan dinamo jenis Mid-drive (posisinya di tengah, bukan di roda), problem ini semacam ini belum pernah ditemui.

Adapun bila ingin cuci motor listrik, tips amannya adalah menghindari menyemprotkan air ke bagian soket charger. Bagian soket ini sebaiknya ditutup dulu sebelum proses pencucian.

Selain itu, Miniature Circuit Breaker (MCB) sebaiknya dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub.

MCB merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik. Fungsinya sebagai pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor.

cuci motor listrik cuci steam Motor Listrik

Rekomendasi Motor Bekas