Jangan Sembarangan Ganti Piringan Cakram Depan Honda Vario 160 ABS Buat Modif, Nanti Bisa Jadi Begini

momotor.id - Beberapa pemilik Honda Vario 160 versi ABS mungkin ada yang terpikir untuk mengganti piringan cakram rem depan dengan produk aftermarket. Namun sebelum melakukannya, pengendara sebaiknya memperhatikan hal berikut.

Karena telah dilengkapi fitur ABS, pemilik Honda Vario 160 versi tersebut tak bisa sembarangan ganti piringan cakram rem depannya. Ini karena akan berpengaruh dengan kinerja fitur ABS pada motor ini.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Reza Rezdie Sahertian, piringan cakram bawaan pabrikan didesain menyatu dengan pulse ring sebagai pendukung kerja fitur ABS.

Reza menjelaskan, lubang pulse ring ini fungsinya untuk membaca putaran roda depan sebagai input kerja sistem ABS motor. Nah, jika pemilik motor nekat mengganti standar piringan cakram depan dengan produk aftermarket yang memiliki diameter lebih lebar atau model floating dan tidak memiliki pulse ring, maka sistem ABS tidak akan bekerja.

"Karena tidak bisa membaca putaran roda depan, maka sistem ABS akan membaca adanya gangguan fungsi, sehingga sistem ABS tidak bisa bekerja," ujar Reza seperti dikutip dari kumparan.

Bila sudah begitu, hal ini jelas bisa membahayakan pemilik motor ketika sedang melaju dan melakukan pengereman keras di permukaan jalan yang traksinya rendah. Sebab, sistem rem ABS sudah tidak mampu mengawal pengereman yang lebih aman.

Sebagai informasi, Honda Vario 160 yang mengaspal di Indonesia hadir dalam dua varian yakni CBS dan ABS. Perbedaan motor terbaru Honda Vario 160 pada dua varian itu memang paling terlihat pada kehadiran fitur sistem pengereman ABS.

Pada tipe ABS, Vario 160 dilengkapi sistem pengereman ABS, disc brake pada rem belakang, serta indikator ABS pada panel digital.

Hal lain yang membedakannya boleh dibilang cukup minor. Misalnya emblem Vario 160 pada tipe ABS sudah berbentuk 3D, sedangkan tipe CBS masih stiker biasa.

Baca juga: Enam Aksesoris Resmi Honda ADV 160: Paling Murah Rp56 Ribu, Paling Mahal Rp600 Ribu

Pada tipe ABS juga mendapat warna velg yang berbeda yakni burnt titanium. Oh ya, hal lain yang membedakan dua varian ini tentu adalah harganya. Vario 160 tipe ABS dibanderol Rp28,5 juta dan tipe CBS dibanderol Rp25,8 juta. Harga tersebut merupakan harga OTR DKI Jakarta.

Adapun dari sisi lain, tak ada perbedaan signifikan antara tipe CBS dan ABS. Bagian kaki-kaki menggunakan ban tubeless yang lebih lebar, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14.

Cakram Motor Honda Vario 160 Info Otomotif Piringan Cakram Rem Cakram

Rekomendasi Motor Bekas