Service Vespa Primavera Sudah Berbayar Sejak 1.000 Km Pertama, Perlu Berapa Duit?

momotor.id - Tak seperti pabrikan motor asal Jepang yang memberikan jasa service gratis dan oli pada service 1.000 km pertama, konsumen Vespa di Indonesia sudah harus mengeluarkan biaya service sejak 1.000 km pertama.

Hal ini karena PT Piaggio Indonesia selaku agen pemegang merk Vespa tak menghadirkan layanan paket service gratis layaknya pabrikan motor asal Jepang. Tak ada layanan gratis jasa maupun part pada 1.000 km pertama atau pada periode tertentu bagi konsumen Vespa di Indonesia.

Sebagai gambaran berapa besaran biaya service Vespa pada 1.000 km pertama, bisa mengambil contoh model Primavera. Konsumen Vespa Primavera tentunya tetap harus melakukan perawatan pada tunggangannya, termasuk pada 1.000 km pertama atau satu bulan sejak motor diterima, mana yang tercapai lebih dulu.

Setelahnya, perawatan bisa dilakukan tiap 5.000 km atua 5 bulan sekali menurut buku panduan bila untuk pemakaian normal. Bila pemakaian motor lebih intens, maka bisa setiap 3.000 km atau 3 bulan sekali.

Nah, untuk Vespa Primavera, berikut rincian biaya service 1.000 km pertama:

  • Jasa ganti oli mesin - Rp21.818
  • Servis CVT - Rp115.315
  • Oli mesin Castrol - Rp140.541 (2 liter)
  • Oli transmisi - Rp37.838 (2 pcs)
  • Pembersih komponen rem - Rp45.000
  • Oil Filter - Rp50.361

Konsumen juga perlu mengetahui bahwa rincian biaya di atas belum ditambahkan pajak. Kemudian, Vespa Primavera membutuhkan 1,3 liter oli. Sehingga pada service 1.000 km pertama ini membutuhkan 2 kemasan oli masing-masing 1 liter. Sisa oli ini nanti bisa dibawa oleh konsumen sehingga pada service berikutnya cukup membeli 1 liter oli lagi.

Semua pengerjaan tadi mengacu pada tabel perawatan berkala Vespa pada 1.000 km pertama. Komponen yang perlu diperiksa seperti sistem kelistrikan dan pengereman, kemudi, kontrol gas, hingga diagnosa instrumen.

Baca juga: Belum Ada Pada Motor Jadul, Ini Lima Fitur Kekinian yang Mulai Umum Ditemui Pada Motor Modern

Adapun Vespa Primavera dipasarkan dalam dua tipe utama, yakni varian standar dan varian S. Apabila melihat secara menyeluruh, tidak ada perbedaan yang begitu signifikan, hanya saja ada beberapa penyegaran terkait kosmetik.

Bagi yang ingin tampil lebih sporty, disarankan memilih varian S karena dinilai lebih elegan. Namun mesinnya secara garis besar serupa, yakni i-Get berkonfigurasi 1-silinder, euro 3, berkapasitas 154,8 cc yang mampu meracik tenaga sampai 11,6 dk dan torsi 12 Nm.

biaya service Vespa Piaggio Vespa Primavera

Rekomendasi Motor Bekas