Total Biaya Perawatan Yamaha Grand Filano Selama Tiga Tahun Pertama: Cuma Rp2 Jutaan Lebih Dikit

momotor.id - Bagi yang tengah mempertimbangkan meminang Yamaha Grand Filano, mungkin ada yang bertanya-tanya berapa biaya perawatan salah satu skutik yang masuk model Classy ini.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini menjabarkan informasi terkait biaya perawatan Grand Filano. Yamaha mengklaim biaya jasa service Grand Filano gratis selama 10 bulan tahun pertama.

Sedangkan oli mesin hanya diberikan gratis sekali, dan selebihnya harus merogoh kocek pribadi. Pada tahun pertama, konsumen Yamaha Grand Filano harus mengeluarkan uang untuk ganti oli mesin per bulan setelah mendapat gratis satu kali.

Kemudian ada penggantian busi pada bulan ke-7 dan pembersihhan injector pada bulan ke-10 yang keduanya dikenakan biaya. Pada tahun kedua, konsumen sudah sepenuhnya menanggung biaya jasa dan part.

Pada bulan ke-13, konsumen juga perlu merogoh kocek untuk membeli busi, oli transmisi, filter bahan bakar, dan tentunya oli mesin. Lalu pada bulan ke-16, hanya mengganti filter udara serta oli mesin.

Lanjut pada bulan ke-19, konsumen harus mengganti oli mesin, busi, dan oli suspensi depan. Hal yang sama juga berlaku pada tahun ketiga, itu belum termasuk adanya penggantian tambahan.

Penggantian tambahan yang dimaksud bila ada komponen yang rusak atau aus seperti lampu, CVT, aki, kampas rem, dan sebagainya. Bila ditotal, selama tiga tahun pertama kepemilikan Grand Filano, konsumen perlu merogoh kocek sekitar 2,2 jutaan.

Bila dibagi selama 3 tahun atau 36 bulan, biaya pengeluaran per bulan selama tiga tahun pertama hanya sebesar Rp61.111.

Biaya ini berlaku untuk area Jabodetabek untuk pemakaian wajar dan sudah termasuk jasa pengecekan standar serta tambahan. Seluruh pengecekan tersebut menggunakan Yamaha Diagnostic Tolls.

Baca juga: Perbandingan Yamaha Grand Filano dan Honda Scoopy, Mending Pilih Mana?

Sebagai informasi, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected merupakan skutik pertama di kelasnya yang diklaim telah menggunakan TFT Sub Display.

Penggunaan TFT Sub Display ini membuat tampilan digital speedometer semakin informatif dengan tampilan berwarna dan animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator.

Tampilannya yang stylish semakin diperkuat dengan pencahayaan yang semakin terang karena seluruh lampu sudah menggunakan LED seperti Diamond Shaped LED Headlight, Unique LED Position Light, Front dan Rear LED Turn Signals, LED Tailight hingga lampu LED pada bagasi.

Pada bagian dapur pacu, Yamaha Grand Filano menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125 cc yang didukung teknologi Blue Core Hybrid.

Teknologi ini menghadirkan dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start.

Hal ini membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika melewati jalan menanjak atau membawa penumpang.

Skutik ini juga dilengkapi sistem One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan satu sentuhan serta fitur Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan sehingga lebih menghemat bahan bakar.

Fitur lainnya, Yamaha Grand Filano juga ditanamkan Y-Connect sehingga memudahkan pengendara mendapatkan notifikasi telepon, pesan, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli dan aki, memonitor konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan notifikasi malfunction.

biaya perawatan service Yamaha Grand Filano Yamaha Grand Filano

Rekomendasi Motor Bekas