Ini Sebabnya Mengapa Perlu Manasin Motor, Tapi Jangan Kelamaan

momotor.id - 'Ritual' memanaskan motor kerap dilakukan sebagian orang sebelum menggunakan kendaraan roda dua tersebut. Biasanya, aktivitas ini dilakukan saat pagi hari. Pertanyaan yang sering muncul, berapa lama kira-kira waktu yang ideal untuk manasin motor?

Motor memang idealnya perlu dipanaskan dulu sebelum digunakan. Tujuannya agar mesin lebih siap sebelum digunakan beraktivitas berat. Apalagi jika motor akan digunakan untuk perjalanan jauh, maka mesin harus benar-benar siap.

Saat motor lama tak digunakan, kondisi oli akan menjadi dingin. Baik motor karburator maupun injeksi, mesin harus sudah terlumuri oli dengan baik sebelum digunakan. Ketika motor langsung digunakan tanpa dipanasi lebih dulu, dikhawatirkan terjadi pergesekan yang tidak beraturan dalam mesin. Gesekan ini disebabkan oli yang bekerja kurang maksimal pada mesin.

Kembali ke pertanyaan lama, berapa lama kira-kira waktu yang ideal ketika manasin motor? Tidak lama, hanya sekitar satu hingga tiga menit sampai mesin motor benar-benar siap digunakan. Setidaknya panaskan motor maksimal selama tiga menit bagi yang menggunakan sepeda motor dengan karburator.

Baca juga: Cara Merawat Rem ABS, Fitur yang Mencegah Roda Terkunci Sehingga Tidak Selip

Sedangkan untuk motor dengan mesin full injeksi bisa dipanasi selama 30 detik sampai 1 menit. Perbedaan ini dikarenakan motor injeksi sistemnya sudah bekerja secara otomatis saat mesin menyala. Tidak perlu juga menggeber gas terlalu keras saat memanasi mesin.

Adapun memanasi motor terlalu lama dari waktu ideal tidak direkomendasikan karena justru akan membuang-buang bahan bakar. Selama mesin menyala meskipun tidak pergi kemana-mana, bahan bakar motor akan berkurang.

Efek lain dari terlalu lama memanasi motor adalah leher knalpot akan menguning dan mika lampu bohlam bisa cepat berubah menjadi buram. Hal ini disebabkan karena motor yang dipanasi dalam keadaan statis di satu tempat tak mendapat sirkulasi udara seperti saat motor digunakan di jalan raya.

Durasi Manasin Motor Manasin Motor Oli Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas