Begini Teknik Khusus Mengendarai Motor di Jalan Berpasir

momotor.id - Memasuki musim hujan, kondisi jalan di beberapa daerah menjadi sulit diprediksi. Jalan yang awalnya kering menjadi basah dan licin akibat terkena hujan. Kondisi jalan ini menjadi licin karena adanya pasir pada permukaan jalan. Oleh karena itu, pengendara motor harus lebih berhati-hati saat mengendarai motor di jalan yang berpasir. Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan selama melewati jalan yang berpasir.

Periksa Kondisi Ban Motor Sebelum Berkendara di Jalan Berpasir

Potensi tergelincir di jalan lebih besar jika ban motor aus atau gundul. Apalagi ketika ban yang sudah gundul digunakan dalam kecepatan tinggi dan pengereman yang mendadak. Oleh karena itu, pengendara motor disarankan untuk mengganti ban dengan yang baru dan berkendara dengan hati-hati saat melewati medan berpasir.

Menggunakan Rem Belakang Saat Melewati Jalan Berpasir

Penggunaan rem saat melewati jalan berpasir disarankan untuk menggunakan rem belakang. Apabila pemotor menggunakan rem depan, potensi untuk ban selip besar, sehingga dapat membuat pengemudi motor jatuh. Selain itu, para pengendara motor juga tidak disarankan untuk melakukan pengereman secara tiba-tiba. Pengereman mendadak dapat memicu ban selip, sehingga motor tergelincir.

Baca Juga: Persiapan Berkendara Saat Hujan bagi Pengendara Motor

Kurangi Kecepatan Saat Melewati Jalan Berpasir

Ketika melewati jalan berpasir atau jalan yang licin, pengendara motor bisa saja tergelincir apabila tidak hati-hati. Agar mencegah motor tergelincir, sebaiknya kurangi kecepatan pada saat melewati jaalan berpasir. Hal ini dilakukan untuk mengurangi hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara di jalan berpasir. Selain itu, pengendara motor disarankan untuk menggunakan rem secara bertahap untuk mengurangi kecepatan. Saat lewat jalan berpasir, pengendara motor juga diharapkan untuk fokus dan tenang agar pengendara motor bisa mengendalikan pikiran saat berkendara.

Pegang Stang Motor dengan Kuat Saat Berkendara di Jalan Berpasir

Saat mengendarai motor di jalan yang berpasir, usahakan untuk memegang stang motor dengan kuat agar tetap stabil. Selain itu, pengendara motor juga harus menjaga keseimbangan dari pinggul. Apabila menggunakan motor sport, disarankan untuk menjepit tangki agar lebih stabil.

berkendara di jalan berpasir jalan berpasir tips berkendara Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas