Ngecas Motor Listrik Honda EM1 e: di Rumah, Perlu Berapa VA Supaya MCB Gak Jeglek Pas Lagi Nyetrika?

momotor.id - Salah satu metode pengisian ulang daya baterai yang ditawarkan pada konsumen motor listrik Honda EM1 e: adalah dengan mengecas sendiri di rumah menggunakan charger off board Honda Power Pack Charger e: yang dijual terpisah.

Pertanyaannya, berapa daya yang disedot oleh motor listrik Honda EM1 e: ini ketika baterainya sedang diisi ulang? Reza Resdie dari Technical Service Digision PT Astra Honda Motor (AHM) sempat memberikan penjelasannya.

Menurutnya, kebutuhan daya charging output untuk mengisi ulang baterai Honda EM1 e: ini sekitar 400 watt. Artinya, jika sedang ngecas motor listrik Honda EM1 e: ini di rumah, maka listrik yang terpakai adalah 400 watt.

Sementara itu, daya listrik yang umum dipakai oleh pelanggan perumahan biasanya mulai dari 900 VA, 1200 VA, 1300 VA, 2200 VA, dan seterusnya. Sebagai contoh, sebuah rumah berlangganan listrik 900 VA atau setara 720 Watt dengan asumsi nilai power factor 0,8.

Saat mengecas Honda EM1 e:, maka sisa daya listrik yang bisa dipakai di rumah tinggal 320 Watt. Peralatan elektronik rumah tangga di tiap rumah bisa berbeda-beda.

Pengguna bisa menghitung sendiri berapa daya yang dibutuhkan untuk kulkas, microwave, AC, setrika, jet pump, mesin cuci, dan sebagainya. Bila sedang mengecas dan di saat bersamaan juga menyalakan perangkat elektronik lain yang membutuhkan watt besar, tentu listrik rumah akan jeglek karena daya yang diminta melebihi kapasitasnya.

Misalnya, pada saat bersamaan pengguna juga sedang menyetrika menggunakan setrika yang memakan daya sekitar 200-300 watt. Sementara perangkat elektronik lain juga menyala seperti kulkas atau mesin cuci.

Baca juga: Empat Faktor yang Bikin Kinerja Aki Motor Jadi Drop, Salah Satunya Akibat…

Adapun konsumen bisa melakukan pengisian daya Honda EM1 e: menggunakan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam untuk baterai terisi 25-75 persen dan 6 jam untuk 0-100 persen.

Harga baterai motor ini dibanderol Rp10 juta dan sudah termasuk dalam harga OTR pembelian skutik bertenaga setrum tersebut. Sedangkan chargernya dijual terpisah dengan harga Rp5 juta hingga Rp6 juta.

baterai Honda EM1 e: listrik

Rekomendasi Motor Bekas