Tips Supaya Ban Motor Tidak Kempes Selama Ditinggal Mudik, Gak Cukup Cuma Standard Tengah

momotor.id - Bagi yang akan meninggalkan motornya dalam waktu yang cukup lama, ada beberapa tips agar ban motor tidak kempes selama ditinggal mudik.

Sebagian masyarakat mungkin akan meninggalkan kendaraan seperti sepeda motor dalam waktu yang cukup lama ketika momen mudik Lebaran 2023.

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan motor dalam waktu cukup lama adalah bagian ban. Ban motor yang cukup lama tak digunakan biasanya akan kempes.

Rata-rata masyarakat akan mudik selama sepekan. Namun bisa lebih lama hingga lebih dari satu bulan. Itu sebabnya, ban motor perlu mendapat perhatian lebih agar tidak kempes saat kembali dari aktivitas mudik.

Nah, agar kondisi ban tetap prima meski cukup lama ditinggal mudik, ada dua hal yang bisa dilakukan pemilik motor. Pertama, mengisi ban dengan angin hingga penuh dan sesuai tekanan yang dianjurkan.

Kedua, cuci motor secara menyeluruh hingga bagian ban. Ketiga, parkir motor dengan posisi standar tengah. Tak cukup sampai di situ, letakkan keset berbahan kain sebagai alas untuk ban depan motor.

Hal ini akan membuat titik tumpu motor fokus pada standar tengah dan mencegah ban menempel pada lantai.

Adapun ban motor yang kempes dan dibiarkan dalam waktu cukup lama berpotensi mengalami kerusakan. Saat ban motor kempes, bagian tengah ban akan menerima tekanan yang lebih besar.

Ini menyebabkan sidewall ban mekar akibat terhimpit, dan bisa muncul retak serta pecah halus pada permukaan sidewall jika terus dibiarkan.

Baca juga: Kenapa Banyak yang Seneng Mudik Naik Motor? Bukan Hanya Ongkos Lebih Murah, Ternyata Ini Alasan Lainnya

Retak halus ini mungkin tidak terlalu terlihat pada awalnya. Namun keretakan ini akan menyebar dan membesar ketika motor mulai rutin digunakan. Selain itu, ban yang kempes juga akan menimbulkan bekas karet pada lantai yang sulit dibersihkan karena adanya oksidasi ban dalam ruangan.

ban motor kempes Lebaran 2023 Mudik Mudik 2023

Rekomendasi Motor Bekas